Pijakan Pengalaman Sesudah Main Dalam Bcct

Langkah terakhir aktivitas main atau pijakan terakhir dalam aktivitas pusat dan BCCT berupa PIJAKAN PENGALAMAN SETELAH MAIN DALAM BCCT

Langkah terakhir aktivitas main atau pijakan terakhir dalam aktivitas pusat dan BCCT berupa pijakan terakhir. Setelah selesai aktivitas main maka dilakukan pijakan sesudah main atau sanggup disebut juga pijakan pengalaman sesudah main. Adapun tujuan pijakan Setelah selesai aktivitas main ini adalah

  1. Membangun kemampuan anak untuk mengingat kembali apa yang telah dilakukannya.
  2. Memperkuat konsep yang telah ditemukan anak saat bermain
  3. Mengembangkan kemampuan bahasa dan komunikasi (ekspresif dan reseptif).
  4. Mengembangkan kemampuan sosial.
  5. Mengembangkan kemampuan pengendalian diri.
  6. Mengembangkan kemampuan matematika dengan cara mengklasifikasikan alat dan materi main sesuai dengan bentuk dan jenisnya serta kegunaannya.
  7. Mengembangkan sikap tanggung jawab dan disiplin.
  8. Membiasakan bekerja tuntas (start and finish).
Adapun aktivitas yang sanggup dilakukan dalam pijakan sesudah main ini antara lain:
  1. Membereskan alat main dan memasukkan ke tempatnya
  2. Membentuk bulat bersama semua anak
  3. Menanyakan apa perasaan anak sesudah main
  4. Menanyakan aktivitas main yang telah dilakukan anak
  5. Menanyakan konsep yang telah ditemukan anak selama main (sesuai dengan rencana pembelajaran yang disusun)
  6. Menegaskan sikap yang telah dimunculkan anak (berterimakasih untuk sikap yang diharapkan, dan mendiskusikan untuk sikap yang belum tepat)
  7. Menghubungkan dengan aktivitas yang akan datang
  8. Transisi ke aktivitas berikutnya.
Demikian ringkasan Pijakan pengalaman sesudah main dalam aktivitas BCCT, supaya bermanfaat. Terima kasih. 

Sumber: Bahan diklat TOT Pendidik PAUD dirjend PMPTK 2009.


Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Pijakan Pengalaman Sesudah Main Dalam Bcct"

Post a Comment

wdcfawqafwef