Permainan Boneka Wayang Untuk Anak Paud

Boneka Wayang yaitu permainan dengan boneka yang berbentuk wayang sederhana dengan menggandakan PERMAINAN BONEKA WAYANG UNTUK ANAK PAUD
Boneka Wayang yaitu permainan dengan boneka yang berbentuk wayang sederhana dengan menggandakan tokoh atau profile tertentu yang sanggup dimainkan anak dalam acara bermain tugas dan mendongeng.


Tujuan Permainan boneka wayang adalah:

Memberikan pengetahuan dan perilaku kebijaksanaan pekerti melalui cerita-cerita fiksi atau legenda kepada anak. Permainan ini juga bertujuan untuk mengasah kreativitas, bahasa, emosi, keterampilan motorik halus khususnya pada bab jari dan tangan, sosialisasi dan memperkenalkan khasanah budaya bangsa.
Adapun cara menciptakan boneka wayang ini yaitu pertama-tama dibuat wayang sesuai dengan kebutuhan kemudian sanggup dibuat panggung boneka sesuai dengan tokoh dan bentuk wayang yang dibuat.

Bahan yang dibutuhkan :

A. Boneka:

  • Kertas, kain perca, kaos kaki
  • Pensil, pensil warna
  • Gunting, penggaris, lem
  • Mal atau gambar desain boneka

B. Panggung :
  • Triplek, harboard, atau kardus bekas yang tebal
  • Kain
  • Cat

Cara Membuatnya :

Boneka 1 : lihat beberapa teladan di bawah ini

1. Boneka wayang jari dari kertas

Sediakan kertas manila atau kardus bekas ukuran 15 x 7,5 cm dipotong dan dibuat seusuai bentuk dan tokoh yang kita inginkan ibarat di bawah ini.

Boneka Wayang yaitu permainan dengan boneka yang berbentuk wayang sederhana dengan menggandakan PERMAINAN BONEKA WAYANG UNTUK ANAK PAUD


2.Boneka wayang dengan tangkai

Buatlah gambar yang akan dimainkan dalam suatu cerita, kemudian tempelkan pada kertas bagian kardus atau  kertas karton ibarat teladan gambar di bawah ini:

Boneka Wayang yaitu permainan dengan boneka yang berbentuk wayang sederhana dengan menggandakan PERMAINAN BONEKA WAYANG UNTUK ANAK PAUD

3.Boneka Kotak

Kotak bekas minuman sanggup dibuat boneka. Sisi yang hendak digambar muka boneka ditutup dengan kertas polos lihat contoh. Bagian bawah kotak dilubangi sehingga tangan yang memainkan sanggup masuk ke dalam kotak tersebut.



4. Boneka wayang Paper Bag Puppet



Adapun cara menciptakan Boneka wayang Paper Bag Puppet yaitu dengan memanfaatkan kantung kertas bekas (Paper Bag Puppet) yang sudah tidak terpakai lagi.

Bahan-bahan yang diperlukan:
  • kantong Kertas bekas
  • Lem
  • Gunting
  • Spidol atau krayon
  • Mata boneka Mainan

Cara menciptakan Boneka wayang Paper Bag Puppet yaitu sebagai berikut :

Lipat bab bawah kantung ketas daur ulang sudah diberi garis merah ke dalam untuk membentuk kepadala binatang yang ingin dibuat.




Kepala binatang sudah yang kita inginkan sudah terbentuk sesuai dengan binatangnya.


Lalu buat pola telinga, hidung, dan pengecap dikertas daur ulang lainnya,. kemudian warnai sesuai dengan teladan (sesuai selera juga tidak masalah). Lalu beri lem dan tempelkan sesuai dengan contoh, jangan lupa lem bab mata boneka mainannya untuk mata ayang binatang anjing kecil yang lucu.


Setelah semua proses pembuatan boneka, baik boneka wayang maupun boneka kotak, maka dilanjutkan dengan pembuatan panggung boneka untuk memainkan boneka tersebut :

Adapun cara menciptakan Panggung boneka wayang ini yaitu dengan memotong kertas kardus bekas berbentuk persegi pajang sekitar kurang lebih 10 x 20 cm yang diberi lubang kotak ditengahnya untuk layar tampilan boneka  yang akan dimainkan.

Dalam setting untuk panggung diberi gambar yang menarik sesuai dengan tema dongeng dan latar belakang tokoh boneka. Panggung  ini juga dimasukkan sebagai latar belakang atau sebagai dekorasi jikalau boneka-boneka di atas dimainkan.


Cara memakai :
1. Boneka dimainkan dengan mengambil tugas keluarga.
2. Dimainkan dengan metode dramatisasi
3. Dimainkan oleh satu orang atau lebih anak yang berada dibelakang panggung.




Demikian cara menciptakan boneka wayang dan panggung boneka untuk penampilan boneka-boneka tersebut. ...semoga bermanfaat...terima kasih.


Sumber: disarikan dari banyak sekali sumber.
Sumber Gambar:http://wilayah14bia.blogspot.com/, http://artenergic.blogspot.com/
referensi untuk Boneka wayang Paper Bag Puppet : https://nurfarizahslife.blogspot.com//search?q=membuat-wayang-dari-kantong-kertas-daur.

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Permainan Boneka Wayang Untuk Anak Paud"

Post a Comment

wdcfawqafwef