Cara Mengelola Main Sensori Motor

 Dalam mengelola main sensori motor untuk anak PAUD CARA MENGELOLA MAIN SENSORI MOTOR
Dalam mengelola main sensori motor untuk anak PAUD, hal-hal yang perlu diberhatikan diantaranya adalah  Area bermain semoga anak sanggup bergerak dengan bebas dan menentukan kegiatan mereka seharusnya 2,5 daerah main setiap anak. Penelitian Phelps (1986) dan pengamatan eksklusif dalam kelas (Standard, 2002) menyarankan 3 daerah bermain setiap anak untuk perkembangan anak usia 2-4 tahun. Jika satu ruang kelas mempunyai 10-12 anak yang bergerak disekitar ruangan menentukan kegiatan, maka sedikitnya 30 daerah yang direncanakan untuk anak bermain. Tempat ini bukan 30 kegiatan main yang berbeda, tetapi kemungkinan daerah dengan sedikitnya 6 lebih kegiatan main yang berbeda. Perencanaan kesempatan bermain dengan materi sifat cair untuk mendukung main sensorimotor.
Rencana ini menyediakan 32 daerah (7 kesempatan) bermain untuk :
10-12 anak
usia 2-5 tahin
2+  s/d 3 daerah untuk setiap anak

Sebagai teladan tempat-tempat yang disarankan Sebagai berikut:

1.Meniup gelembung:
2 daerah – sanggup membuatkan keterampilan melihat, mendengar, pemahaman perihal konsep basah
2 wadah berisi air yang dicampur dengan sabun cair yang diberi pewarna kue

2.Bermain warna:
2 daerah -    membuatkan konsep warna
3 wadah berisi warna dasar merah, biru, kuning

3.Bermain air:
4 tempat   -  mendukung fungsi indera peraba, warna, konsep berair dan berat
4 wadah berisi air, ditambah pewarna kuning, kapas bundar dan seledri

4.Bermain dengan corong:
2 daerah – untuk mendukung sensitivitas indera peraba, konsep kosong – penuh, warna
3 botol plastik, air, pasir dan beras,corong, pewarna makanan

5.Memandikan boneka:
2 daerah – membuatkan daya khayal, bahasa dan interaksi social
2 ember dengan boneka dan peralatan untuk mandi

6.Bermain karam dan terapung:
2 daerah – untuk membuatkan keterampilan memecahkan persoalan
2 ember diisi air, gabus, kancing, kerikil, tutup plastik, sendok logam

7.Bermain pasir:
1 daerah – sanggup mendukung daya khayal dan interaksi social
1 kolam pasir dan bahan-bahan main tugas mikro

Demikian juga pada anak  yang mempunyai kemampuan gerak yang terbatas atau disebut anak berkebutuhan khusus seharusnya ditempatkan dalam banyak sekali cara sepanjang hari. Hal ini dimaksudkan semoga belum dewasa tersebut mendapat kesempatan yang penuh dalam bermain. Tergantung pada berat ringannya kondisi yang membatasi gerak si anak. Sebaiknya ditempatkan pengasuh yang telah dilatih untuk anak dengan “kebutuhan khusus,. semoga pengasuh tersebut  bisa menunjukkan sebanyak mungkin kesempatan untuk melatih bermacam gerakan dan meningkatkan perkembangan sensorimotor anak.
Pendidik PAUD juga harus menyediakan serangkaian penuh pengalaman sensorimotor masing-masing anak. Contohnya, daerah tidur ayunan dan ayunan luar yang dipakai untuk menunjukkan kesempatan kepada anak yang memberi tantangan secara fisik. Ciri-ciri dalam permainan ini anak bahagia melaksanakan tindakan yang berulang-ulang, contohnya menendang-nendang, memukul-mukul, merobek dan berlari-lari. Untuk berayun dan sebagainya.

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Cara Mengelola Main Sensori Motor"

Post a Comment

wdcfawqafwef