Metode Sosiodrama Untuk Anak Tk Paud



Dalam acara bermain salah satu metode yang digunakan yaitu metode sosiodrama, sosiodrama yaitu Drama yang merupakan salah satu bentuk karya seni khususnya sastra yang mempunyai bab dan acara untuk diperankan oleh pemeran (aktor). Pengertian drama ini yang berarti aksi, perbuatan dan tindakan. Sosiodrama untuk anak Taman Kanak-kanak PAUD yaitu suatu cara memerankan beberapa kiprah dalam suatu kisah tertentu yang menuntut integrasi di antara para pemerannya yaitu belum dewasa usia Taman Kanak-kanak dan PAUD. Dengan pemikiran bahwa metode ini sanggup merupakan kelanjutan atau puncak dari acara bercerita maka ada beberapa Taman Kanak-kanak dan PAUD yang mengemas metode ini sedemikian rupa dan memakai sosiodrama sebagai acara pentas final tahun pelajaran di sekolah tersebut. 

Kegiatan ini sanggup dimulai dengan menentukan buku kisah yang disukai belum dewasa di kelas, kemudian didiskusikan alur kisah maupun tokoh-tokoh pemerannya. Apabila telah diyakini sebagi kisah favorit belum dewasa di  Taman Kanak-kanak dan PAUD maka sanggup dibentuk akad bersama bahwa kisah ini akan diperankan untuk pementasan final tahun. Anak-anak bebas menentukan tokoh-tokoh yang diinginkannya. Dengan sistem latihan yang rutin seminggu dua kali di awal atau final acara pembelajaran maka akan memudahkan guru dan tidak akan membebani anak.

Manfaat sosiodrama serupa dengan bermain peran. Metode ini sanggup digunakan sebagai acara yang mengutamakan pegembangan kemampuan berekspresi sehingga anak sanggup menghayati berbagia bentuk perasaan juga menggali daya khayal (imajinasi) dan kreativitas anak. Hal yang membedakan sosiodrama dengan bermain kiprah yaitu sosiodrama menekankan pada tanggung jawab individu dan kolaborasi antrapemeran dalam memerankan tokoh-tokoh guna kelancaran jalannya alur kisah yang ditampilkan. Pada umumnya kiprah yang dimainkan diangkat dari kehidupan sehari-hari di masyarakat. 



Langkah-langkah metode sosiodrama :
  1. Pada pijakan awal jelaskan dan diskusikan pada anak pemilihan tema dan judul drama yang akan dimainkan.
  2. Buat persiapan naskah atau ringkasan kisah bila diharapkan
  3. Persiapan setting  tempat, waktu, akad berapa usang drama dimainkan dan jumlah anak dan pemainnya.
  4. Tentukan pemeran, properti, kostum dan tata busana yang akan digunakan masing-masing anak yang mendapatkan kiprah sebagai pemeran.
  5. Akhiri permainan sesuai dengan akad di final kisah atau kalau situasi anak tidak memungkinkan lagi.
  6. Tentukan dalam akad kelas apakah drama ini akan dilanjutkan pada program perpisahan atau program lainnya. 
  7. Beres-beres..

Demikian metode sosiodrama untuk anak Taman Kanak-kanak dan PAUD. Semoga bermanfaat..

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Metode Sosiodrama Untuk Anak Tk Paud"

Post a Comment

wdcfawqafwef