Cara Memilih Dongeng Dalam Acara Mendongeng

Mendongeng dan bercerita ialah suatu cara untuk menanamkan nilai CARA MENENTUKAN CERITA DALAM KEGIATAN MENDONGENG

Mendongeng dan bercerita ialah suatu cara untuk menanamkan nilai-nilai abjad yang baik kepada anak. Sebagai orang tua, guru dan pendidik anak usia dini, alangkah baiknya kalau kita juga bisa menjadi seorang pendongeng yang baik, yang akan mengakibatkan bercerita sebagai acara bermain yang menarik dan sanggup mengakibatkan pengalaman yang unik bagi anak. Isi ceritanya pun diusahakan sesuai dengan anak dan berkaitan dengan acara pembelajaran anak. Berikut ini beberapa kerangka dan teladan kisah yang sanggup dipilih untuk acara mendongeng dan bercerita sebagai berikut :

  1. Cerita-cerita wacana dunia kehidupan anak yang penuh suka cita, yang menuntut isi kisah mempunyai unsur yang sanggup memperlihatkan perasaan gembira, lucu, menarik dan mengasyikan bagi anak.
  2. Tema cerita  dunia kehidupan anak yang berkaitan dengan kisah suputar lingkungan terdekat anak,seperti lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan bermain anak.
  3. Muatan kisah diusahakan berisi pendidikan nilai-nilai susila dan abjad yang baik, biar anak sanggup berguru berperilaku sesuai dengan kisah berkarakter yang telah kita bacakan.
  4. Melihat pada impian dan minat anak keseluruhan, menyerupai belum dewasa PAUD yang pada umumnya berminat pada cerita-cerita wacana lingkungan alamnya. Misalnya; tanaman, kendaraan, boneka, robot, planet, dan lain-lain
  5. Tingkat usia, kebutuhan dan kemampuan mencerna isi cerita. Ceritanya harus cukup pendek dalam rentang perhatian anak. Cerita tersebut bersifat meningkatkan daya pikir anak menyerupai cerita-cerita wacana pakaian, makanan, minuman sehat, kebersihan diri, melayani diri sendiri, dll.
  6. Dalam acara mendongeng dan bercerita diupayakan membuka kesempatan untuk anak bertanya dan menanggapi sesudah kita tamat bercerita.
  7. Anak diberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan sesama anak lainnya berkaitan dengan tema dan isi kisah yang telah kita sampaikan.

Demikian cara memilih kisah dalam acara mendongeng dan bercerita untuk anak, semoga bermanfaat...terima kasih.
 


Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Cara Memilih Dongeng Dalam Acara Mendongeng"

Post a Comment

wdcfawqafwef