Fungsi Pendidikan Anak Usia Dini

Program acara bermain pada pendidikan anak usia dini mempunyai sejumlah fungsi FUNGSI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Program acara bermain pada pendidikan anak usia dini mempunyai sejumlah fungsi, yaitu: (1) untuk menyebarkan seluruh kemampuan yang dimiliki anak sesuai dengan tahap perkembangannya, (2) mengenalkan anak dengan dunia sekitar, (3) menyebarkan sosialisasi anak, (4) mengenalkan peraturan dan menanamkan disiplin pada anak dan (5) menawarkan kesempatan kepada anak untuk menikmati masa bermainnya.

Berdasarkan tujuan pendidikan anak usia dini sanggup ditelaah beberapa fungsi  pendidikan anak usia dini, yaitu :

a. Fungsi Adaptasi
Berperan dalam membantu anak melaksanakan pembiasaan diri dengan aneka macam kondisi lingkungan serta menyesuaikan diri dengan keadaan dalam dirinya sendiri. Dengan anak berada di forum pendidikan anak usia dini, pendidik membantu mereka menyesuaikan diri dari lingkungan rumah ke lingkungan sekolah. Anak juga berguru mengenali dirinya sendiri.

b. Fungsi Sosialisasi
Berperan dalam membantu anak supaya mempunyai keterampilan-keterampilan sosial yang mempunyai kegunaan dalam pergaulan dan kehidupan sehari-hari dimana dia berada. Di forum pendidikan anak usia dini anak akan bertemu dengan sahabat sebaya lainnya. Mereka sanggup bersosialisasi, mempunyai banyak sahabat dan mengenali sifat-sifat temannya.

c. Fungsi Pengembangan
Di Lembaga pendidikan anak usia dini ini diharapkan  sanggup pengembangan aneka macam potensi yang dimiliki anak. Setiap unsur potensi yang dimiliki anak membutuhkan suatu situasi atau lingkungan yang sanggup menumbuhkembangkan potensi tersebut kearah perkembangan yang optimal sehingga menjadi potensi yang bermanfaat bagi anak itu sendiri maupun lingkungannya.

d. Fungsi Bermain
Berkaitan dengan kontribusi kesempatan pada anak untuk bermain, alasannya yaitu pada hakikatnya bermain itu sendiri merupakan hak anak sepanjang rentang kehidupannya. Melalui acara bermain anak akan mengeksplorasi dunianya serta membangun pengetahuannya sendiri.

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Fungsi Pendidikan Anak Usia Dini"

Post a Comment

wdcfawqafwef