Kegiatan Pembelajaran Di Tk (Taman Kanak-Kanak)

Program kegiatan Belajar di TK

kanak yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor  KEGIATAN PEMBELAJARAN DI Taman Kanak-kanak (TAMAN KANAK-KANAK)
Dengan berlakunya Undang-undang Nomor 2 tahun 1989 wacana sistem pendidikan nasional, maka kurikulum Taman Kanak-kanak yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 1990 wacana Pendidikan Prasekolah disebut dengan Program Belajar Taman Kanak-kanak. Program kegiatan berguru berdasarkan Keputusa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu : aktivitas kegiatan berguru ialah seperangkat planning dan peraturan mengenai isi dan materi kegiatan serta cara yang dipakai sebagai mengajar (Depdikbud, 1993:2).

Isi aktivitas kegiatan berguru Taman Kanak-kanak meliputi aktivitas pembentukan sikap melalui pembiasaan dan aktivitas pengembangan kemampuan dasar yang merupakan suatu kesatuan yang utuh, aktivitas kegiatan yang dimaksud harus dilandasi oleh Pembinaan kehidupan beragama untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Sehubungan dengan itu pengembangan dasar ialah merupakan aktivitas yang dipersiapkan oleh guru, sedangkan aktivitas pembentukan sikap sanggup dilaksanakan terus-menerus dan ada dalam kehidupan sehari-hari di TK, sehingga menjadi kebiasaan yang baik.

Program Pembentukan Perilaku sanggup dilaksanakan melalui:
  1. Kegiatan rutin contohnya : berdoa, mengucapkan salam
  2. Kegiatan spontan, contohnya : teguran pada anakyang jail
  3. Kegiatan dengan teladan / rujukan guru contohnya : berpakaian rapi, bertutur kata yang baik
  4. Kegiatan yang di rencanakan (terprogram) contohnya : dalam persiapan mengajar.
Mengingat pentingnya aktivitas pembentukan perilaku, maka harus dilaksanakan secara seimbang dengan kemampuan dasar sehingga pelaksanaan kegiatan berguru mengajar di Taman Kanak-kanak sanggup mencapai hasil yang optimal.  

Fungsi Program Kegiatan Belajar

Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak berfungsi untuk :
  1. Mengembangkan seluruh kemampuan yang dimiliki oleh anak sesuai tahap perkembangannya
  2. Mengenal anak dengan dunia luar
  3. Mengembangkan sosialisasi anak
  4. Mengenalkan peraturan dan menanamkan disiplin pada anak.
  5. Memberikan kesempatan pada anak untuk menikmati masa bermain.
Tujuan Program Kegiatan Belajar TK

Program kegiatan berguru Taman Kanak-kanak bertujuan untuk membantu meletakan dasar ke arah sikap, keterampilan dan daya cipta yang diharapkan oleh anak didik dalam beradaptasi dengan lingkungannya serta untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya, membantu kesiapan anak sebelum masuk sekolah dasar.

Dalam peraturan pemerintah RI nomor 27 tahun 1990 disebutkan bahwa aktivitas kegiatan berguru di taman kanak-kanak meliputi pengembangan-pengembangan sebagai berikut :
  1. Moral pancasila
  2. agama
  3. disiplin
  4. kemampuan berbahasa
  5. daya pikir
  6. daya cipta
  7. perasaan / emosi
  8. kemampuan bermasyarakat
  9. keterampilan
  10. jasmani
Metode pendidikan dan pembelajaran di TK

Dalam garis-garis besar aktivitas kegiatan berguru taman kanak-kanak (GBPKB-TK1994) dan peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 tahun 1990 wacana pendidikan Prasekolah, dijelaskan bahwa aktivitas kegiatan berguru Taman Kanak-kanak meliputi upaya pengembangan yang meliputi hal-hal sebagai berikut :
  1. Program kegiatan berguru mengajar dalam rangka pembentukan perilaku, melalui pembiasaan yang terwujud dalam kegiatan sehari-hari yang meliputi pengembangan agama,moral pancasila, disiplin, perasaan emosi dan kemampuan masyarakat.
  2. Program kegiatan berguru dalam ranka pengembangan kemampuan dasar, melalui kegiatan yang dipersiapkan oleh guru meliputi pengembangan kemampuan pendidikan agama islam, berbahasa, daya pikir,daya cipta, keterampilan dan jasmani (GBPKB-TK 1994 : 2).
Pembentukan sikap dan pengembangan kemampuan dasar tersebut dicapai melalui metode yang dipakai biar sanggup memacu perkembangan-perkembangan sebagai berikut:
  1. Perkembangan motorik
  2. Perkembangan Daya Cipta dan Bahasa
  3. Perkembangan kreativitas dan keterampilan
  4. Perkembangan Emosi
  5. Perkembangan Proses Sosialisasi dan Perilaku.
Referensi :
Pendidikan dasar dan menengah, Direktorat jenderal. (2003).Pengembangan Multiple Intelegence Di Taman Kanak-kanak. Jakarta. Direktorat Pendidikan Taman Kanak-kanak SD Depdiknas.
Pendidikan dasar dan menengah, Direktorat jenderal. (1996) Garis-garis Besar Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak 1994. Jakarta. Depdiknas

Sumber Gambar : http://kekeyohanes.blogspot.com/

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Kegiatan Pembelajaran Di Tk (Taman Kanak-Kanak)"

Post a Comment

wdcfawqafwef