Buku : Permainan Edukatif Yang Mencerdaskan

Buku Permainan Edukatif yang Mencerdaskan Suyadi BUKU : PERMAINAN EDUKATIF YANG MENCERDASKAN
Judul Buku : PERMAINAN EDUKATIF YANG MENCERDASKAN
Penulis : Suyadi
Penerbit: Power Book
Cetakan : Agustus 2009
Harga buku : -

Dalam konteks proses belajar-mengajar pada anak usia dini, sekolah harus menerapkan berguru sambil bermaian dan bermain sambil belajar. Bermaian sering dimaknai sebagai kegiatan yang sia-sia alias tanpa arti dan terkadang diartikan dengan sempit. Bermain dalam dunia anak sering diterjemahkan hanya sebatas jalan-jalan, rekreasi, wisata alam, wisata rohani, out bound, dan lain sebagainya. Dan yang namanya berguru harus memakai pensil dan buku, kegiatan yang tidak memakai kedua alat tersebut bukanlah belajar. Pendapat ini yakni keliru.

Sesungguhnya berguru pada masa bawah umur yakni bermain itu sendiri. Tentu yang dimaksud bermain disini yakni bermain yang mengandung fungsi edukatif, yakni segala bentuk permainan yang sanggup memperlihatkan pengetahuan dan kemampuan anak. Adapaun waktu bermain anak bahwasanya yakni dirumah, maka rumah yakni "sekolah" pertama dan utama bagi anak-anak. Disekolah bawah umur berguru aneka macam macam bentuk permainan, maka dirumahlah bawah umur mempraktikan ulang dan membuatkan permainan yang didapat disekolah tersebut. Dengan begitu, sekolah dan orang bau tanah murid harus mempunyai persepsi yang sama perihal dunia anak. Dengan adanya persamaan persepsi tersebut akan tercipta kondisi berguru melalui bermain pada anak.

Bagaimana permainan yang mempunyai fungsi edukatif tersebut? Dalam buku ini dipaparkan permainan edukatif yang bisa meningkatkan semua potensi anak. Selain itu buku ini juga membuka jalan kreatif untuk sanggup menentukan dan menciptakan jenis permainan sendiri. Buku yang terdiri dari 7 (tujuh) belahan ini disampaikan dengan bahasa yang sederhana sehingga buku ini "gurih" untuk dibaca dan gampang untuk dimengerti apa yang dimaksud oleh penulis. Namun, minimnya gambar dalam buku ini menuntut pembaca untuk mengeluarkan sedikit "otot saraf" untuk menerawang sedikit jauh semoga sanggup mengasosiasikan alat permainan yang diamksud. Untuk lebih "nikmat" dibaca dan memperlihatkan citra yang utuh memang harus ditampilkan gambar-gambar permainan yang menarik dan berwarna hidup semoga lebih gampang dipahami isi buku ini. Namun begitu, buku ini tetap penting dan layak dibaca para pemerhati anak, guru, mahasiswa dan mereka yang mempunyai perhatian khusus pada dunia anak dan para orang tua.

Semoga buku ini sanggup menginspirasi untuk memperlihatkan pendidikan anak usia dini yang manusiawi. Yakni pendidikan yang memperlihatkan kebebasan dan menghargai perbedaan para generasi negeri ini.


Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Buku : Permainan Edukatif Yang Mencerdaskan"

Post a Comment

wdcfawqafwef