Pada aktivitas pembelajaran anak usia dini, terdapat kekhasan dan karakteristik tersendiri dibandingkan dengan pembelajaran untuk anak usia sekolah. Kegiatan pembelajaran pada anak usia dini mengutamakan pembelajaran yang sesuai dengan tumbuh kembang anak diusia emas (golden age) yaitu bermain sembil mencar ilmu dan mencar ilmu sambil bermain. Secara sederhana prinsip pembelajaran anak ini untuk memotivasi anak itu sendiri untuk mengetahui sesuatu secara lebih mendalam dan intens, dan secara impulsif anak sanggup menyebarkan kemampuannya.
Adapun hakekat pelaksanaan pembelajaran pada anak usia dini mencakup hal-hal sebagai berikut :
Adapun hakekat pelaksanaan pembelajaran pada anak usia dini mencakup hal-hal sebagai berikut :
- Orientasi mencar ilmu pada anak usia dini yang sebetulnya yaitu menyebarkan rasa bahagia untuk belajar, mencari tahu, mencoba dan menciptakan gagasan, menemukan, memakai hal yang ada di sekitarnya
- Kuncinya lewat bermain sebagai sarana penting anak mencar ilmu menyebarkan ketrampilan sosial, emosional dan kognisi.
- Berorientasi pada kebutuhan anak (fisik, rasa aman, dihargai, tidak dibeda-bedakan, bersosialisasi dan diakui)
- Sesuai dengan perkembangan anak
- Sesuai dengan keunikan setiap individu
- Anak mencar ilmu dari hal konkret ke abstrak, dari sederhana ke kompleks, gerakan ke verbal, diri-sendiri ke orang lain
- Anak pembelajar aktif
- Anak mencar ilmu melalui interaksi sosial.
Demikian hakekat pelaksanaan pembelajaran anak usia dini, biar bermanfaat. terimakasih
Sumber: Disarikan dari aneka macam sumber !!
Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/
0 Response to "Hakekat Pelaksanaan Pembelajaran Anak Usia Dini"
Post a Comment