Aspek-Aspek Dan Ciri Fisik Perkembangan Anak Tk (Taman Kanak-Kanak)

 anak akan mengalami perkembangan yang sangat drastis dimulai dari perkembangan berpikir ASPEK-ASPEK DAN CIRI FISIK PERKEMBANGAN ANAK Taman Kanak-kanak (TAMAN KANAK-KANAK)
Anak PAUD Istiqlal
Dalam masa-masa golden age anak usia dini, anak akan mengalami perkembangan yang sangat drastis dimulai dari perkembangan berpikir, emosi, motorik, fisik serta sosial. Aspek-aspek penting perkembangan anak Taman Kanak-kanak Taman kanak-kanak mencakup aspek perkembangan Kognitif, aspek pekembangan Fisik, dan aspek perkembangan bahasa:

1. Aspek Perkembangan Kognitif

Aspek Perkembangan Kognitif menurut Teori Piaget terdapat pembagian yaitu tahapan tertentu  yaitu:
  • Tahap sensor motorik (usia 0 hingga 2 tahun) dimana anak mempunyai kemampuan yang terbatas yaitu pada gerak reflek. 
  • Tahap kedua yaitu tahap pra-operasional (2 hingga 7 tahun) dimana kemampuan mendapatkan rangsangan anak masih terbatas. Kemampuan bahasa anak mulai berkembang tapi masih belum bisa berpikir abstrak, persepsi waktu serta tempat. 
  • Tahap ketiga yaitu Tahap aktual operasional (7 hingga 11 tahun) dimana anak sudah bisa menuntaskan kiprah menggabungkan, menderet, menyusun, memisahkan, melipat serta membagi.
  • Tahap selanjutnya yaitu tahap formal operasional yakni umur 11 hingga 15 tahun di mana anak sudah sanggup berfikir asbstrak dan bisa berfikir tinggat tinggi.
2. Aspek Perkembangan Perkembangan Fisik

Perkembangan motorik yaitu perkembangan pengendalian gerakan fisik. Keterampilan motorik ini yaitu keterampilan motorik bernafsu serta halus. Keterampilan motorik anak yang masih berusia 4-5 tahun biasanya banyak mengalami perkembangan jikalau dibandingkan dengan motorik kasar. Kemudian, sesudah usia 5 tahun barulah terjadi perkembangan motorik halus. Di usia 4 tahun, belum dewasa sendiri masih menyukai gerakan- gerakan sederhana ibarat melompat, berjingkrak-jingkrak atau berlari ke sana kemari. Pada usia 5 tahun, belum dewasa biasanya lebih berani mengambil resiko dan lebih percaya diri untuk melaksanakan ketangkasan ibarat memanjat suatu obyek, berlari kencang dan lain sebagainya.

2. Aspek Perkembangan Bahasa

Hart dan Risley menuturkan bahwa anak berusia 2 tahun memproduksi rata-rata dari 338 ucapan yang sanggup dimengerti dalam setiap jam, cakupannya jauh lebih luas yaitu antara rentangan 42 hingga 672. 2 tahun lebih bau tanah belum dewasa sanggup memakai kata-kata di jam yang berbeda, dengan rentangan 18 untuk 286. Membaca dan menulis yaitu bab dari mempelajari bahasa.

Ciri Fisik dan Perkembangan Anak Taman Kanak-kanak atau Prasekolah
Berikut ini diuraikan bagaimana ciri fisik dan perkembangan anak Taman Kanak-kanak dan atau Prasekolah, ibarat diketahui bahwa anak Taman Kanak-kanak atau prasekolah ini mempunyai ciri-ciri bahwa mereka sedang mengalami proses perkembangan. Apa sajakah ciri-ciri tersebut?
  • Anak prasekolah biasanya aktif alasannya mereka sudah mempunyai kontrol terhadap tubuhnya dan sangat menyukai aktivitas yang dilakukannya sendiri
  • Debgab aktifnya seorang anak, kadang mereka lupa kalau mereka memerlukan istirahan yang cukup. Untuk kasus ini, orangtualah yang perlu mengatur waktu mereka.
  • Otot-otot besar pada anak prasekolah jauh lebih berkembang dari kontrol terhadap motorik halus ibarat pada jari dan tangan. Oleh alasannya itu mereka masih belum terampil, contohnya mengikat tali sepatu.
  • Walaupun badan anak lentur, namun tengkorak kepala yang menjadi pelindung otaknya masih lunak
  • Biasanya belum dewasa prasekolah suka menggendong tas bergambar dan biasanya mereka kali membuktikan apa yang mereka punya kepada teman-teman mereka.
  • Anak sudah lebih bahagia berkompertisi dengan anak lainnya dalam hal kekuatan fisik, contohnya tubruk lari cepat.
Demikian aspek dan ciri fisik perkembangan anak Taman Kanak-kanak (Taman Kanak-kanak) Semoga bermanfaat, terimakasih.

Sumber: Disarikan dari aneka macam sumber!!
dari: http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/.  terimakasih atas kunjungannya.


 
Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Aspek-Aspek Dan Ciri Fisik Perkembangan Anak Tk (Taman Kanak-Kanak)"

Post a Comment

wdcfawqafwef