Cara Dan Langkah-Langkah Pelaksanaan Kegiatan Parenting Berbasis Karakter

Pelaksanaan parenting berbasis huruf di forum pendidikan anak usia dini  CARA DAN LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN PROGRAM PARENTING BERBASIS KARAKTER
Parenting Metting PAUD RBS
Pelaksanaan parenting berbasis huruf di forum pendidikan anak usia dini (PAUD) harus dilaksanakan menurut jadwal yang terjadwal dan terarah. Program parenting berbasis huruf ini melibatkan banyak sekali komponen yang ada di lembaga, baik pengelola, guru pendidik, dan orang tua. Adapun cara dan langkah-langkah pelaksanaan jadwal parenting berbasis huruf ini meliputi hal-hal sebagai berikut :

1. Persiapan

Persiapan dilakukan membentuk kepanitian secara terarah. Panitia yang sudah terbentuk segera bekerja dengan menyiapkan saran dan prasarana yang diperlukan dalam pelaksanaan jadwal sesuai dengan jenis-jenis jadwal parenting yang akan dikembangkan dari hasil identifikasi kebutuhan. Masing-masing seksi berfungsi sesuai dengan uraian kiprah masing-masing (job description) yang sudah disusun. 

Adapun tahapan dalam persiapan dituangkan dalam mekanisme kerja sebagai berikut :
Panitia aktivitas menyiapkan format seruan rapat persiapan;
Panitia aktivitas memilih jenis kegiatan, waktu dan kawasan kegiatan
Panitia aktivitas mempersiapkan semua keperluan kegiatan
Panitia aktivitas memilih kiprah masing-masing personil dalam kepanitiaan
Panitia aktivitas siap melakukan kegiatan.


2. Pelaksanaan Kegiatan

Panitia jadwal parenting berbasis huruf yang sudah terbentuk melakukan aktivitas sesuai dengan jadwal dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada. Contohnya Download di sini!!.


3. Evaluasi dan Monitoring

Setiap tahapan aktivitas dilakukan penilaian dan monitoring yang bertujuan untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan pelaksanaan jadwal nantinya. Evaluasi dan monitoring sanggup dilakukan semenjak persiapan hingga selesai kegiatan.

Dalam pelaksanaan jadwal parenting ini semua pihak harus terlibat alasannya yakni jadwal ini dirancang untuk menguatkan pembentukan huruf bersama (lingkungan rumah, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat/ kawasan tinggal anak). 

Lingkungan rumah artinya yakni melibatkan seluruh anggota keluarga menyerupai ayah, ibu, kakek, nenek, paman, bibi, pembantu, sopir dan lain-lain. 

Lingkungan sekolah, yakni melibatkan semua unsur dan sumber daya insan di sekolah menyerupai kepala sekolah, guru, tenaga administrasi, tenaga kebersihan, pengasuh, satpam/penjaga sekolah, dan semua yang ada dilingkungan sekolah. 

Sedangkan Lingkungan Masyarakat meliputi lingkup yang lebih luas yaitu lingkungan kawasan tinggal anak, ada tetangga, pembantu tetangga, sopir tetangga, teman sebaya, teman lebih tua, teman lebih muda, pedagang sayur keliling, penjual korang, penual kue, tukang sampah, perusahaan, komunitas masyarakat, organisasi dan sebagainya.

Demikian cara dan langkah-langkah pelaksanaan jadwal parenting berbasis huruf yang dimulai dari persiapan hingga simpulan aktivitas dan evaluasi, agar bermanfaat. terimakasih.

Sumber: Disarikan dari banyak sekali sumber !!

Dari Postingan original by asolihinskb  - http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/, terimakasih sudah berkunjung.

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Cara Dan Langkah-Langkah Pelaksanaan Kegiatan Parenting Berbasis Karakter"

Post a Comment

wdcfawqafwef