Anak Bukan Ayam

Alangkah miris dan menyedihkan melihat banyak anak kecil di jalanan ANAK BUKAN AYAM
Alangkah miris dan menyedihkan melihat banyak anak kecil di jalanan, bebas tanpa pengawasan orang tua, bahkan ada anak yang mengaku sengaja dilepas kejalan oleh orang renta untuk menjadi peminta-minta, pengemis jalanan,  pengamen dan pemulung. Orang renta kejam macam apa ini, apakah kemiskinan sudah menumpulkan rasa sayang terhadap anak, sampai anak jadi objek untuk mencari laba bahan semata. Orang renta menyerupai ini sudah menjadi ajaib kejam terhadap anak, tidak perduli kesehatan dan keselamatan anak, mereka biarkan anak mengemis dijalanan, mengais-ngais sampah, mencari remah-remah untuk sekedar dimakan. 

Hati bertanya-tanya dimana rasa dan tanggung jawab mereka sebagai orang tua?, anak diperlakukan menyerupai "ayam" sesudah dilahirkan dilepas kejalanan untuk mencari makan. Ayam saja saat anak-anaknya masih kecil sampai sudah cukup umur masih didampingi, dibantu induknya untuk mencari makan, tetapi orang renta ini apa? insan apa? orang renta gila? anak disuruh mencari makan untuk orang tua?, anak disuruh jadi peminta-minta, mengamen dijalanan, sementara orang tuanya enak-enakan ongkang-ongkang kaki merokok minum kopi di rumah. Orang renta gila...bersenang-senang di atas kesengsaran dan penderitaan anak sendiri. 

Mohon maaf, goresan pena di atas mungkin sekedar sebagai tumpahan kekesalan dan kesedihan, melihat perlakuan kejam sebagian orang renta terhadap anaknya. Orang renta kejam yang cuma dapat bikin anak tetapi tidak dapat bertanggung jawab memelihara dan menjaga anak yang menjadi amanah dari Tuhan. Padahal kelak mereka akan diminta pertanggung jawabannya terhadap amanah tersebut. Imam Ibn Qayyim al-Jauziyah pernah mengatakan, “Barang siapa yang dengan sengaja tidak mengajarkan sesuatu yang bermanfaat bagi anaknya dan menelantarkannya begitu saja, berarti dia telah melaksanakan suatu kejahatan yang sangat besar. 

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW telah menunjukkan peringatan yang sangat keras terhadap orangtua yang lari dari tanggung jawab ini. “Sesungguhnya Allah mempunyai para hamba yang tidak akan diajak berbicara pada hari kiamat, tidak disucikan dan tidak dilihat.” Lalu dia ditanya: “Siapa mereka itu wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Anak yang berlepas diri dari orangtuanya dan membencinya serta orangtua yang berlepas diri dari anaknya.” (HR. Ahmad dan Thabrani).

Dari Postingan original by asolihinskb  - http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/, terimakasih sudah berkunjung.

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Anak Bukan Ayam"

Post a Comment

wdcfawqafwef