7 Tips Cara Mengajak Anak Usia Dini Yang Susah Mandi

anak terutama yang berusia KB dan Taman Kanak-kanak sering susah diajak mandi 7 TIPS CARA MENGAJAK ANAK USIA DINI YANG SUSAH MANDI
Anak-anak terutama yang berusia KB dan Taman Kanak-kanak sering susah diajak mandi, kita kadang harus berkali-kali menyuruh dan mengajak mereka biar mau di ajak ke kamar mandi, bahkan sering anak hingga berlari-larian dan terjadi kejar-kejaran orang renta dengan anak hanya untuk membawa mereka ke kamar mandi. Berikut beberapa tips dan cara mengajak anak biar mau mandi dengan bahagia dan sukarela, hingga kesudahannya anak terbiasa mandi dengan sendirinya.

1. Ajak anak bermain bukan Mandi

Setiap kali kita mengajak anak mandi sampaikan pada anak, acara kekamar mandi itu yaitu acara bermain yang menyenangkan, untuk sementara jikalau mengajak anak mandi katakan "kita main air dikamar mandi yok". Anak niscaya akan dengan bahagia hati mengikuti kita.


2. Masukan mainan kecil di kamar mandi

Buat anak menyenangi acara mandi dengan adanya mainan-mainan kecil di dalam kamar mandi atau kolam mandi, tidak ada salahnya jikalau memasukan mainan khusus yang sanggup dipakai di air untuk anak, ibarat bebek-bebekan dari karet, kapal-kapalan dan lain-lain. 


3. Buat permainan kreatif di kamar mandi

Lakukan dan ajak anak bermain permainan kreatif dari media yang ada dikamar mandi, contohnya menciptakan gelembung dan balo dari sabun, menakar air, menyusun sikat gigi menurut warna atau milik ayah-ibu-kakak-dede, bermain musik dari gayung-ember, bermain hujan-hujanan dengan tangan, bermain tutup odol timbul karam dalam kolam mandi, dan lain sebagainya (untuk teknik-teknik permainan ini akan penulis uraikan dalam postingan berikutnya).


4. Membuat permainan mencari harta karun 

Ajak anak setiap mendekati jam mandi terutama sore hari dengan permainan harta karun, harta karunnya sanggup berupa hadiah kecil ibarat permen coklat atau masakan ringan bagus kesukaan anak. Harta karun ini tempatnya terselip disalah satu sudut  kamar mandi. Sebelum memulai permainan ini buat kesepakatan, sebelum anak mancari harta karun ia harus melepaskan pakaiannya, dan jikalau sudah menemukan harta karun ia boleh memakan masakan itu jikalau ia sudah selesai mandi.


5. Siapa yang paling higienis dan rajin

Tips ini yaitu memanfaatkan kaka yang udah besar biar menjadi motivasi yang bersifat kompetisi, dimana dede dan kaka mandi bersama. Nah berikan kebanggaan untuk kaka dan dede bahwa mereka sama-sama terpelajar udah sanggup mandi sendiri dengan bersih, walaupun dede masih harus dibantu kaka mandinya ya.. hihi.


6. Memelihara Ikan hias

Nah dede sanggup diajak memelihara ikan hias yang murah-murahan saja, kekal dan tidak berbahaya ditangan anak, untuk di tempatkan di kamar mandi, jenis ikan ini sanggup ikan cupang, komet, gapi-gapi, rainbow, ikan Tetra. Masukan ikan hias dalam gelas plastik-atau aquarium kecil yang tidak gampang pecah yang sanggup dimaenin, memang dengan cara ini ikan sering mati alasannya yaitu dipegang-pegang dan maenin anak, tapi alasannya yaitu ikan murah saja tanpa sepengetahuan anak ikannya kita ganti yang gres jadi dimata anak ikannya hidup terus. Bilang sama dede ia harus mengasih makan pagi dan sore, itu saat dede harus mandi, kalo tidak ikannya sanggup mati dan hilang.


7. Hadiah jalan-jalan 1-2-3-4-5-0

Hampir semua anak sangat bahagia jikalau di ajak jalan-jalan, gunakan kesempatan kesenangan anak ini untuk memotivasi anak biar mau mandi. Sampaikan pada anak ia akan diajak jalan jikalau ia mau mandi. Tetapi tentunya sangat berat jikalau harus mengajak anak jalan-jalan setiap kali ia mandi, nah..karena itu bikin akad dengan anak bahwa jalan-jalannya tidak tiap hari tapi dengan hitungan 1-2-3-4-5-0, tentunya kita sebagai orang renta harus konsisten dan sabar: hari pertama jikalau anak mandi dengan rajin pagi dan sore, sore harinya akan diajak jalan-jalan, Hari kedua dan ketiga jikalau anak mandi dengan rajin pagi dan sore, sore harinya akan diajak jalan-jalan, dan seterusnya hingga anak lupa dengan akad dan mandi jadi kebiasaan, makanya jalan-jalannya hari kelima ke enam nol saja, terserah kita mau mengajak anak atau tidak, sesuai dengan waktu kita yang tersedia, dan anak biasanya tidak akan menuntut lagi.


Demikian 7 tips cara mengajak anak usia dini yang susah mandi, tips di atas yaitu pengalaman langsung penulis dan sudah pernah dicoba dan dipraktikan saat bawah umur penulis masih kecil dulu, semoga bermanfaat juga sanggup diterapkan pada bawah umur ibu bapak yang susah diajak mandi, terimakasih.

Dari Postingan original by asolihinskb  - http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/, terimakasih sudah berkunjung.
             

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "7 Tips Cara Mengajak Anak Usia Dini Yang Susah Mandi"

Post a Comment

wdcfawqafwef