Cara Menanamkan Disiplin Hidup Sehat Pada Anak

Membiasakan diri berdisiplin sebaiknya dimulai semenjak anak usia dini, baik dikala anak masih berada dalam lingkungan masyarakat terkecil yaitu keluarga ataupun sehabis masuk pada pendidikan prasekolah di Taman Kanak-kanak dan PAUD. Anak-anak pada usia 3-5 tahun sudah sanggup diajarkan untuk berdisiplin dan membiasakan mereka untuk hidup sehat, mulai dari hal-hal sederhana yang dilakukan sehari-hari. Kegiatan-kegiatan sehari-hari ini misalnya:

  • Mencuci tangan sebelum makan
  • Mencuci kaki sebelum tidur
  • Menggosok gigi
  • Mandi dengan higienis sendiri
  • Toilet training  
  • Membuang sampah ditempatnya
  • Makan makanan bergizi seimbang dan minum sendiri
  • dan lain sebagainya.
Kesulitannya dan tantangannya untuk pertama kali, anak mungkin akan menolak melaksanakan sesuatu hal sendiri, Karena anak masih tidak terbiasa. Hal penting yang dilakukan untuk menerapkan disiplin pada anak ialah dengan melaksanakan pendekatan sesuai dengan tingkat kematangan, perkembangan, usia anak, dan kesamaan pandangan, sikap antara orangtua dan guru. Bila di rumah ada nenek atau kakek, maka sikap orangtua harus sama dengan sikap nenek dan kakeknya. Dengan kata lain keluarga yang serasi akan menghipnotis anak untuk bertingkah laris disiplin dengan kesadarannya tanpa ada paksaan.


Faktor lingkungan disekitar pun sangat besar pengaruhnya terhadap kedisiplinan anak dalam menjalankan hidup sehat, kadang anak menggandakan hal-hal negatif dari orang remaja dilingkungannya. Misalnya kasus-kasus belum dewasa merokok, sebagian besar ialah alasannya faktor imbas orang remaja yang merokok yang tidak memahami ancaman merokok bagi kesehatan baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain didekatnya, sehingga belum dewasa juga menggandakan sikap sembrono para perokok tanpa diberikan pengertian dan klarifikasi wacana tidak sehatnya merokok tersebut. Karena itu dibutuhkan para orang bau tanah dan masyarakat supaya lebih memperhatikan problem kesehatan secara bersama-sama, dan menjaga anak untuk tetap sehat dengan membantu menanamkan disiplin hidup sehat. 


Sumber : Disarikan dari aneka macam sumber.




Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Cara Menanamkan Disiplin Hidup Sehat Pada Anak"

Post a Comment

wdcfawqafwef