Metode Pembelajaran Di Tk

Sebelum kita melihat metode pembelajaran di Taman Kanak-kanak, terlebih dahulu kita lihat pengertian dari
metode pembelajaran. Metode pembelajaran ialah metode yang dipakai pendidik dalam  mengajar. ini merupakan salah satu kunci pokok keberhasilan suatu acara pembelajaran yang dilakukan. Pemilihan metode yang akan dipakai harus relevan dengan tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran ialah cara yang dilakukan pendidik untuk membelajarkan anak biar mencapai kompetensi yang ditetapkan.


Metode metode pembelajaran yang sanggup dipakai di Taman Kanak–Kanak antara lain yaitu  metode bercerita,metode bercakap-cakap,metode tanya jawab,metode Karyawisata, metode demonstrasi, metode sosiodrama atau bermain peran,metode eksperimen, metode proyek, dan metode pinjaman tugas.

Secara lebih rinci Metode pembelajaran di Taman Kanak–Kanak ialah sebagai berikut:
  
A.Metode Bercerita  :
Metode bercerita ialah cara bertutur kata dan penyampaian dongeng atau  memperlihatkan Penjelasan wacana suatu dongeng kepada anak  secara lisan.

B.Metode Bercakap-cakap
Metode bercakap-cakap berupa acara bercakap-cakap atau bertanya  jawab antara anak dengan guru atau antara anak dengan anak.Bercakap-cakap sanggup dilaksanakan dalam bentuk:
  1. bercakap-cakap bebas
  2. bercakap-cakap berdasarkan tema
  3. bercakap-cakap berdasarkan gambar seri
  4. Dalam bercakap-cakap  bebas acara tidak terikat dengan  tema,tetapi  pada kemampuan yang diajarkan Bercakap-cakap berdasarkan tema tertentu .Bercakap-cakap berdasarkan  gambar seri menggunakkan gambar seri sebagai materi pembicaraan.

C.Metode Tanya Jawab
Metode tanya jawab ialah metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi eksklusif yang bersifat two way traffic lantaran pada ketika yang sama terjadi obrolan antara pendidi dan anak. pendidik bertanya anak menjawab atau anak bertanya pendidik menjawab. Dalam komunikasi ini terlihat adanya kekerabatan timbal balik secara eksklusif antara pendidik dan anak didik.

Metode Tanya Jawab dilaksanakan dengan cara mengajukan pertanyaan tertentu kepada anak. Metode ini dipakai untuk :
  1. Mengetahui pengetahuan  dan pengalaman yang telah dimiliki anak,
  2. Memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya,
  3. Mendorong keberanian anak untuk mengemukakan pendapat.

Beberapa hal yang penting diperhatikan dalam metode tanya jawab ini antara lain:

Tujuan yang akan dicapai dari metode tanya jawab.
a) Untuk mengetahui hingga sejauh mana materi pelajaran yang telah dikuasai oleh siswa.
b) Untuk merangsang siswa berfikir.
c) Memberi kesempatan pada siswa untuk mengajukan masalah yang belum dipahami.

Jenis pertanyaan.
Pada dasarnya ada dua pertanyaan yang perlu diajukan, yakni pertanyaan ingatan dan pertanyaan pikiran:
a) Pertanyaan ingatan, dimaksudkan untuk mengetahui hingga sejauh mana pengetahuan sudah tertanam pada siswa. Biasanya pertanyaan berpangkal kepada apa, kapan, di mana, berapa, dan yag sejenisnya.
b) Pertanyaan pikiran, dimaksudkan untuk mengetahui hingga sejauh mana cara berpikir anak dalam menanggapi suatu persoalan. Biasanya pertanyaan ini dimulai dengan kata mengapa, bagaimana.

Tehnik mengajukan pertanyaan.
Berhasil tidaknya metode tanya jawab, sangat bergantung kepada tehnik guru dalam mengajukan pertanyaanya. Metode tanya jawab biasanya dipergunakan apabila:
1) Bermaksud mengulang materi pelajaran.
2) Ingin membangkitkan siswa relajar.
3) Tidak terlalu banyak siswa.
4) Sebagai selingan metode ceramah

D.Metode Karyawisata
Metode yang dilakukan dengan mengajak anak mengunjungi obyek-obyek yang sesuai  dengan tema

E.Metode Demonstrasi
Metode Demonstrasi ialah metode yang dilakukan dengan cara memperlihatkan cara atau memperagakan suatu cara atau suatu ketrampilan.Tujuannya biar anak sanggup memahami  dan sanggup melaksanakan dengan benar,misalnya mengupas buah,memotong rumput,menanam bunga, mencampur warna,meniup balon kemudian melepaskannya,menggosok gigi,mencuci tangan,dan lain-lain.

F.Metode Sosiodrama atau  bermain peran
Metode sosiodrama  ialah cara memperlihatkan pengalaman kepada anak melalui bermain kiprah ,yakni anak diminta memainkan kiprah tertentu dalam suatu permainan peran.Misalnya ,bermain jual beli sayur-mayur,bermain menolong orang yang jatuh,bermain mengasihi keluarga dan lain-lain 

G.Metode Eksperimen
Metode Eksperimen ialah cara memperlihatkan pengalaman kepada anak dimana anak memperlihatkan perlakuan terhadap sesuatu dan mengamati risikonya .Misalnya ,balon ditiup ,warna yang dicampur,air dipanaskan,tanaman disiram dan tidak disirami dan lain-lain

H.Metode Proyek
Metode Proyek ialah cara memperlihatkan kesempatan kepada anak untuk memakai alam sekitar dan acara sehari-hari sebagai materi pembahasan melalui bebagai kegiatan.

I.Metode Pemberian Tugas
Metode pinjaman kiprah ialah metode yang memperlihatkan kesempatan kepada anak untuk melaksanakan kiprah yang disiapkan oleh guru.

Dalam penerapannya metode pembelajaran di atas sanggup dilakukan dengan taktik yang sempurna untuk mencapai tujuan simpulan pembelajaran secara lebih terperinci. Adapun jenis-jenis taktik dan penerapan taktik pembelajaran untuk anak Taman Kanak-kanak mencakup hal-hal sebagai berikut :

A. Jenis-jenis Strategi Pembelajaran di Taman Kanak-kanak

1.Strategi Pembelajaran Umum
2.Strategi Pembelajaran Khusus (Baca Juga Strategi Pembelajaran di Taman Kanak-kanak !!)



Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Metode Pembelajaran Di Tk"

Post a Comment

wdcfawqafwef