Istilah Dan Pengertian Tugas Bunda Paud

Awal diperkenalkan wacana kegiatan bunda PAUD, banyak masyarakat terutama orang bau tanah bahkan pendidik PAUD yang belum memahami istilah dan pengertian Bunda PAUD. Hingga kini sesudah beberapa tahun berjalan program bunda PAUD menurut pengamatan penulis masih banyak masyarakat yang belum memahami konsepsi wacana bunda PAUD ini.

Awal diperkenalkan wacana kegiatan bunda PAUD ISTILAH DAN PENGERTIAN PERAN BUNDA PAUD

Berbicara wacana Bunda PAUD tentunya tidak terlepas dari Gerakan Nasional Pendidikan Anak Usia Dini atau di sebut Gerakan Nasional PAUD. Gerakan nasional PAUD yaitu upaya memobilisasi semua komponen dan sumber daya bangsa dalam rangka percepatan dan ekspansi pelaksanaan PAUD yang bermutu. Gerakan nasional ini perlu dipayungi oleh perangkat aturan dan mandat yang terperinci sehingga sanggup terealisasi secara lebih terarah, sistematis, terukur, terkendali serta sempurna sasaran. 

Istilah dan pengertian dari Peran Bunda PAUD yaitu sebagai simbol sekaligus kawan utama dalam Gerakan Nasional PAUD. Sebagai figur ibu yang merupakan tokoh sentral di setiap jenjang pemerintahan di seluruh tanah air, mulai dari jenjang pemerintahan terendah Desa/kelurahan sampai Nasional, keberadaan Bunda PAUD sanggup memotivasi masyarakat dan para pemangku kepentingan.

Awal diperkenalkan wacana kegiatan bunda PAUD ISTILAH DAN PENGERTIAN PERAN BUNDA PAUD


Bunda PAUD dari masing-masing jenjang pemerintahan yaitu sebagai berikut :

1. Bunda PAUD Nasional
Bunda PAUD Nasional dalam hal ini yaitu Ibu Negara, berperan sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan Nasional PAUD Indonesia dengan memperlihatkan pinjaman pemikiran, sosialisasi, dan perggerakan pelaksanaan PAUD secara nasional.

2. Bunda PAUD Propinsi
Bunda PAUD Propinsi berperan sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan Nasional PAUD Propinsi dengan memperlihatkan pinjaman pemikiran, sosialisasi, dan perggerakan pelaksanaan PAUD di tingkat Propinsi.

3. Bunda PAUD Kabupaten/kota
Bunda PAUD Kabupaten/kota berperan sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan Nasional PAUD Kabupaten/kota dengan memperlihatkan pinjaman pemikiran, sosialisasi, dan perggerakan pelaksanaan PAUD di tingkat Kabupaten/kota.

4. Bunda PAUD Kecamatan
Bunda PAUD Kecamatan berperan sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan Nasional PAUD Kecamatan dengan memperlihatkan pinjaman pemikiran, sosialisasi, dan perggerakan pelaksanaan PAUD di tingkat Kecamatan.

5. Bunda PAUD Desa/Kelurahan 
Bunda PAUD Desa/Kelurahan berperan sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan Nasional PAUD Desa/Kelurahan dengan memperlihatkan pinjaman pemikiran, sosialisasi, dan perggerakan pelaksanaan PAUD di tingkat Desa/Kelurahan.

Demikian wacana Istilah dan pengertian tugas bunda PAUD. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Sumber : Kerangka Besar Pembangunan PAUD Indonesia Periode 2011 - 2025, Dirjen Pendidikan Anak Usia, Non Formal dan Informal Kementrian Pendidikan Nasional 2011.

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Istilah Dan Pengertian Tugas Bunda Paud"

Post a Comment

wdcfawqafwef