Macam-Macam Jenis Kategori Main Anak

Menurut Mildred Parten (1932)  dilihat dari proses  interaksi sosial yang dilakukan anak saat  bermain sanggup dibagi ke dalam enam bentuk yaitu:

a.Unoccupied Play (tidak peduli)
Anak hanya mengamati tragedi di sekitarnya yang menarik perhatiannya. Bila tidak ada hal yang menarik, anak akan menyibukkan diri dengan melaksanakan banyak sekali hal menyerupai memainkan anggota tubuhnya, mengikuti orang lain, berkeliling atau naik turun dingklik tanpa tujuan jelas.



b.Onlooker Play (pengamat);
Anak hanya mengamati bawah umur lain melaksanakan acara bermain. Anak mengatakan minat yng semakin besar terhadap acara anak lain yang diamatinya.

c.Solitary Play (bermain sendiri)
Anak sibuk bermain sendiri dan sepertinya tidak memperhatikan kehadiran bawah umur lain di sekitarnya. Anak lain gres dirasakan kehadirannya apabila misalnya, anak tersebut mengambil alat permainannya.

d.Parallel Play (bermain parallel);
Pada ketika yang sama, dua anak atau lebih memakai alat permainan yang sama dan melaksanakan gerakan atau acara yang sama, tetapi jika diperhatikan tolong-menolong tidak ada interaksi di antara mereka.

e.Assosiative Play (bermain asosiatif);
Anak mulai melaksanakan interaksi dengan anak yang lain. Anak saling tukar alat permainan, akan tetapi jika diamati akan tampak bahwa masing-masing anak tolong-menolong tidak terlibat dalam kerjasama. Misalnya anak yang sedang menggambar, mereka saling memberi komentar terhadap gambar masing-masing, menyebarkan pensil warna, ada interaksi diantara mereka tapi tolong-menolong acara menggambar itu mereka lakukan sendiri-sendiri.

f.Cooperative Play (bermain bersama).
Anak sudah melaksanakan kerjasama atau pembagian kiprah dengan teman-temannya yang terlibat dalam permainan untuk mencapai satu tujuan tertentu. Misalnya bermain dokter-dokteran, membangun dengan memakai balok.

Sedangkan untuk Jenis-jenis Main bagi anak usia dini Piaget dan Smilansky mengemukakan bahwa dalam bermain anak mempunyai tiga jenis main yaitu; 
a.    Main Sensorimotor atau Fungsional
b.    Main simbolik atau Main Peran
c.    Main konstruksi ( Main Pembangunan ) Baca juga Jenis-jenis Main!!

Sumber : Dari banyak sekali sumber !!

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Macam-Macam Jenis Kategori Main Anak"

Post a Comment

wdcfawqafwef