Perkembangan Gerakan Anak Usia Dini

Perkembangan gerak anak usia dini, yaitu pada usia 0 - 4 tahun, dipengaruhi oleh perkembangan gerak yang
terjadi semenjak mulai pada masa bayi. Pada final masa bayi, seorang anak mulai sanggup berjalan dengan memegang suatu objek dan memainkannya secara sederhana. Dengan anak mulai sanggup berjalan dan memainkan suatu objek meskipun masih secara sederhana, kemampuan tersebut merupakan modal dasar bagi perkembangan anak selanjutnya. Dengan kemampuan gerak yang sederhana tersebut, telah memungkinkan bagi anak untuk melaksanakan acara fisik yang menuntut kemampuan menjelajahi ruang yang lebih luas. Anak sanggup berpindah dari satu kawasan ketempat yang lain, sanggup menangkap suatu objek, menyerupai bola, lalu menggunakannya untuk bermain-main dengan sobat sebaya. Kesempatan melaksanakan aktivitas, menyerupai tersebut sangat memilih perkembangan teladan gerak anak selanjutnya.

Pada masa-masa usia anak paud, perkembangan gerak yang terjadi yaitu berupa peningkatan kualitas teladan gerak yang telah dikuasai pada masa bayi, serta peningkatan variasi banyak sekali macam pola-pola gerak dasar. Kemampuan berjalan dan memegang akan semakin baik dan sanggup dilakukan dengan bermacam-macam variasi gerakan pisik baik motorik halus, maupun motorik kasar.

Peningkatan kemampuan gerak terjadi seiring dengan meningkatnya kemempuan indra, koordinasi mata, tangan, dan kaki. Perkembangan gerak pada anak usia dini akan berkembang lebih optimal apabila anak mempunyai kesempatan cukup besar untuk melaksanakan kativitas fisik dalam bentuk gerakan-gerakan yang melibatkan keseluruhan bab anggota-anggota badan itu.

Untuk mendukung perkembangan gerak pada anak sanggup dilakukan dengan beberapa antara lain :
  1. Merangsang anak untuk aktif bergerak dengan mengajak bermain dan beraktivitas fisik yang lengkap.
  2. Memberikan anak ruang bermain yang luas dan memadai.
  3. Mengajak anak bermain di alam terbuka
  4. Mengajak anak berolahraga dengan acara fisik yang sesuai dengan perkembangan anak.
  5. Memberikan anak APE yang sanggup merangsang gerak pisiknya.



Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Perkembangan Gerakan Anak Usia Dini"

Post a Comment

wdcfawqafwef