Cara Mengatasi Rendah Diri Pada Anak Usia Dini

Kita sering menemukan anak yang mengalami persoalan rendah diri CARA MENGATASI RENDAH DIRI PADA ANAK USIA DINI
Kita sering menemukan anak yang mengalami persoalan rendah diri, yang berakibat pada kemampuannnya untuk bersosialisasi dengan teman-teman dan lingkungannya. Anak yang mengalami rendah diri atau dalam bahsa sehari-hari disebut dengan minder, berkaitan dengan perasaan tidak berharga dan kurang penghargaan terhadap diri sendiri, yang juga besar lengan berkuasa terhadap motivasi, sikap, dan tingkah laris anak.  Menurut Schaefer & Millman, (1981) ada sejumlah hal yang sanggup kita lakukan untuk membantu dalam mengatasi rasa rendah diri anak ini ialah :

1.  Meningkatkan pemahaman diri anak
Pendidik sanggup menunjukkan klarifikasi dan pemahaman kepada anak bawa dalam kehidupan ini tidak ada orang yang sempurna, setiap orang niscaya mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

2.  Mendukung kompetensi dan kemandirian anak
Anak perlu dilatih untuk melaksanakan keterampilan yang sesuai dengan usianya dan dijamin bahwa anak akan memperoleh perasaan kondusif dalam proses menguasai keterampilan tersebut.

3.  Menyediakan kehangatan dan penerimaan
Pada diri anak rasa harga diri yang tinggi dioperoleh jikalau anak merasa dirinya diterima. Dukungan emosiona menjadi sangat penting alasannya pada dasarnyan anak membutuhkan perasaan aman.

4.  Fokus pada Hal-hal Positif yang sanggup dilakukan Anak
Sebagai guru pendidik dan orang tua, kita perlu jeli dan cermat dalam mengenali dan mendukung kekuatan atau kelebihan anak. Perhatian sebaiknya lebih besar dicurahkan pada kelebihan anak, bukan pada kekurangan dan kelemahan anak.

5.  Menyediakan pengalaman yang konstruksi
Rencanakan dan lakukan kegiatan-kegiatan dengan cara-cara yang tepat untuk menjamin biar anak mau berpartisipasi dalam acara tersebut.

6.  Meningkatkan rasa percaya diri anak
Pada diri anak peningkatan iktikad diri sanggup terjadi alasannya pengalaman yang terjadi berangsur-angsur secara berulang-ulang. Usahakan penugasan dan acara yang diberikan pada anak  yang sebisa mungkin sanggup diselesaikan oleh anak.

7.   Memberikan Reward (Penghargaan).
Setiap kali anak pertanda sikap optimis dan tidak mudak berkecil hati,  beri anak reward yang sanggup mendukung dan memperkuat perilakunya. Rewad ini sanggup berupa penghargaan contohnya pujian, nilai bintang, atau sesuatu yang sangat disukai anak.

Demikianlah cara  Mengatasi Rendah Diri Pada Anak, semoga bermanfaat untuk orang bau tanah dan bunda pendidik sekalian dalam rangka mendukung kemampuan perkembangan fisik dan mental anak dilembaga PAUDnya masing. masing. wassalam.....

Sumber : Schaefer & Millman, (1981), Bahan penataran TOT PAUD 2009

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Cara Mengatasi Rendah Diri Pada Anak Usia Dini"

Post a Comment

wdcfawqafwef