Metode Pembelajaran Untuk Perkembangan Emosi Anak Di Paud

Bunda pendidik PAUD sekalian, dalam kegiatan pembelajaran sangat diharapkan sebuah metode yang sanggup membantu anak dalam perkembangan emosinya. Untuk membantu proses perkembangan emosi pada anak usia TK, sebagai seorang pendidik ,bunda sanggup melaksanakan beberapa metode pembelajaran menyerupai berikut ini:

1. Bernyanyi dan bermain musik
Bermain musik bagi anak sangat penting dan menunjukkan imbas yang cukup berpengaruh dalam pengembangan emosinya. Mahmud (1995) menyampaikan bahwa musik sanggup menjadikan rasa kesatuan dan persatuan, rasa kebangsaan, rasa keagamaan, rasa kagum, rasa gembira, dan sebagainya.
Cambell (2001) menyampaikan bahwa musik sanggup mengangkat suasana jiwa seseorang melalui musik, kasih sayang serta doa di dalam diri seseorang sanggup dibangkitkan.


2. Bermain peran

Bermain tugas yakni permainan yang dilakukan anak dengan cara memerankan tokoh-tokoh, benda-benda, binatang, ataupun flora yang ada disekitar anak.
Dalam permainan ini anak sanggup membuatkan kemampuan sosial emosional. Anak sanggup mengekspresikan banyak sekali macam emosinya tanpa takut, aib ataupun ditolak oleh lingkungannya. Harley (2000) mendefinisikan bermain tugas yaitu: “bermain tugas yakni bentuk bermain bebas dari bawah umur yang masih muda. Adalah salah satu cara bagi mereka untuk menelusuri dunianya, dengan menjiplak tindakan dan huruf dari orang-orang yang berada disekitarnya.


3. Bercerita 

Melalui bercerita anak sanggup membuatkan imajinasinya menjadi apapun yang beliau inginkan. Dalam dongeng seorang anak sanggup memperoleh nilai yang banyak dan berarti bagi proses pembelajaran dan perkembangannya, termasuk didalamnya perkembangan emosi dan sosialnya. Bercerita sanggup juga berfungsi sebagai alat untuk mendukung proses pembelajaran banyak sekali ilmu pengetahuan dan nilai pada anak.

 
4. Permainan Hand Puppet
Hand Puppet atau permainan dengan memakai boneka tangan. Dengan adanya manfaat yang cukup besar dalam mengekpresikan emosi, sebagian besar terapis telah memakai permainan Hand Puppet ini untuk terapi. Dengan permainan ini, bawah umur yang mengalami permasalahan emosional pun sanggup terbantu. 


5. Latihan relaksasi dan meditasi dengan musik
Berdasarkan hasil penelitian, Rachmawati (1998) menyampaikan bahwa proses relaksasi yang dilakukan pada anak, cukup efektif untuk latihan pengenalan emosi diri mereka sendiri atau terbentuknya keterampilan emotional awarness. Aktivitas meditatif dengan musik sanggup membantu proses katarsis, dimana individu mengeluarkan emosi-emosi yang ditekan, membuat ketenangan, dan meningkatkan produktivitas pembelajaran pada anak.


6. Bermain gerak dan lagu

Bermain gerak dan lagu merupakan kegiatan bermain musik sembil menari. Anak-anak sangat menyukai permainan ini terutama jikalau kita memodifikasi lagu-lagu yang diperdengarkan. Penanaman nilai-nilai dalam lagu-lagu anak yang mengandung nilai-nilai etika yang baik sangat mendukung terhadap perkembangan emosi dan sosial anak.


7. Permainan Feeling band

Menurut Newcomb (1994) permainan Feeling grup musik atau grup musik perasaan yakni per-mainan membunyikan instrumen musik sesuai dengan mulut perasaan. Alat musik yang dipakai sebaiknyajenis perkusi sehingga anak lebih gampang menggunakan.


8. Demonstrasi

Demonstrasi yakni kegiatan memberi pola atau memperhatikan secara pribadi dalam melaksanakan suatu perbuatan atau perilaku. Dalam demonstrasi terkandung unsur showing, doing, and telling, yaitu perlihatkan, lakukan, dan katakan sebagaimana yang dipaparkan Moeslichatoen (1999).


9. Permainan personifikasi

Permainan personifikasi yakni permainan yang dilakukan dengan cara menjiplak gerakan hewan atau flora seakan-akan mereka hidup dengan cara hidup manusia. Dengan permainan ini anak mengalami pengalaman mencar ilmu yang sangat baik, sebagai sebuah pengetahuan dan pengalaman gres perihal dunia yang dihadapinya, sehingga anak sanggup memilih sikap yang baik untuk berinteraksi dengan lingkungannya.

Demikian beberapa metode yang sanggup membantu dalam perkembangan emosi anak, supaya bermanfaat untuk bunda sekalian dalam kegiatan mengajarnya di forum PAUD masing-masing. Terima kasih Sudah berkunjung ke blog ini, silakan membaca artikel-artikel kami yang lain di sini !!

Sumber : Dirangkum dari banyak sekali sumber !!

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Metode Pembelajaran Untuk Perkembangan Emosi Anak Di Paud"

Post a Comment

wdcfawqafwef