Tips Cara Terbaik Mendidik Anak Secara Islami

Salah satu laba mempunyai anak yaitu kita akan mempunyai mata air yang indah yang tia TIPS CARA TERBAIK MENDIDIK ANAK SECARA ISLAMI
Salah satu laba mempunyai anak yaitu kita akan mempunyai mata air yang indah yang tiada akan kering dari cinta, sampai selesai khayat kita, dan juga salah satu amal yang tidak pernah terputus pahalanya sekalipun kita telah meninggalkan dunia ini yaitu “anak yang sholeh/sholehah”. Doa anak yang sholeh juga merupakan salah satu doa yang insya Allah dikabulkan oleh Allah SWT. Bagaimana cara untuk mendidik anak kita, semoga menjadi anak yang sholeh dan beriman sampai menjadi kebanggan ayah dan bunda? Didiklah anak dengan cara yang islami, menyerupai beberapa tips berikut ini:
  1. Biasakan anak kita berdiri pada waktu shubuh. Contoh: semenjak usia dini, ajaklah dia sholat shubuh bersama atau berjamaah di mesjid.
  2. Berikan dia lingkungan pergaulan dan pendidikan yang islami. Contoh: semenjak dini ikutkan anak kita dalam TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an), mengikuti kursus di mesjid, dsb.
  3. Berikan teladan, bukan hanya perintah yang egois. Contoh: jangan hanya menyuruh dia mencar ilmu mengaji atau sholat, namun kita sendiri tidak melakukannya.
  4. Ajak anak kita untuk mengunjungi mesijd secara rutin. Contoh: secara rutin, ajaklah anak kita untuk berjamaah di mesjid.
  5. Perkenalkan batasan aurat semenjak dini. Contoh: kalau semenjak dini kita biasakan anak wanita kita memakai jilbab, maka ketika cukup umur dia justru akan merasa tidak nyaman kalau mengatakan auratnya.
  6. Biasakan anak kita untuk selalu membawa perlengkapan sholat, terutama untuk anak perempuan.
  7. Minimalkan anak kita dalam mendengar musik-musik non islami. Sebaliknya, maksimalkan anak kita untuk mendengar ayat-ayat Al-Qur’an atau nasyid.
  8. Buatlah jadwal menonton TV dan dampingi anak ketika menonton. Jauhkan anak dari tontonan yang tidak mengandung unsur pendidikan, seperti: sinetron, film horor, film cengeng, dan lain-lain.
  9. Ajarkan nilai-nilai Islam secara langsung. Sampaikan nilai-nilai Islam yang kita kuasai kepada anak kita. Akan lebih baik kalau dalam bentuk kisah yang menarik.
  10. Jadilah sobat setia baginya. Jadikan dia nyaman untuk menimbulkan kita kawasan curhat yang utama sehingga kita akan selalu mengetahui masalahnya.
  11. Ciptakan suasana hangat dan serasi dalam keluarga. Jika keluarga tidak lagi terasa hangat baginya, anak akan mencari pelampiasan di kawasan lain.
  12. Lakukan semua tips di atas dengan bijak, sabar dan konsisten. Jangan pernah memakai kekerasan dan hindari perilaku emosional yang sanggup membuatnya sakit hati.
Demikian lah semoga tips-tips ini sanggup membantu kita menjadi orang renta yang baik bagi anak kita dan mengajaknya bantu-membantu masuk ke dalam surga-Nya yang kekal abadi. Amin.

Sumber: :http://cara-muhammad.com/tips/tips-mendidik-anak/

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Tips Cara Terbaik Mendidik Anak Secara Islami"

Post a Comment

wdcfawqafwef