Pengertian Dan Manfaat Main Sensorimotor

Main Sensorimotor ialah acara dimana anak PENGERTIAN DAN MANFAAT MAIN SENSORIMOTOR
Pengertian Main Sensorimotor
 
Main Sensorimotor ialah acara dimana belum dewasa bermain dengan memakai seluruh panca indra mereka. Pada tahap ini belum dewasa menerima kesempatan untuk berafiliasi dengan alat, orang maupun lingkungan yang ada disekitarnya.

Kegiatan main sensorimotor nampak terperinci pada anak yang gres lahir hingga usai 2 tahun, dimana anak menerima pengalaman berguru melalui alat indera mereka. Misalnya memasukan buku ke dalam mulut, menendang menarik sesuatu.

Kegiatan main sensorimotor, pada usia 3-6 tahun sanggup dijumpai di semua acara main yang ditata di sentra-sentra. Selama anak berafiliasi dengan acara yang melibatkan seluruh indera, contohnya dengan main mengosongkan, mengisi, menendang, maka anak sedang dalam tahap menguatkan panca indra.

Bila seluruh indera bekerja secara maksimal maka anak akan bisa menyerap seluruh gosip yang mempunyai kegunaan untuk mengoptimalkan potensi dalam dirinya.

Tujuan Main Sensorimotor

Main sensorimotor bertujuan untuk memperlihatkan rangsangan secara terus menerus melalui acara bermain yang melibatkan panca indra biar potensi anak bekembang secara optimal.

Pengalaman Main Sensorimotor

Pengalaman main sensorimotor sanggup terpenuhi jika :
  1. Anak diberi kesempatan untuk berafiliasi dengan majemuk materi dan alat permainan, baik di dalam maupun di luar ruangan
  2. Anak diberi kesempatan bergerak bebas, bermain di halaman atau di lantai atau ditempat yang kondusif dan nyaman.
  3. Memberi kesempatan pada anak untuk berafiliasi dengan banyak tekstur (permukaan halus-kasar, licin-kesat dan lain-lain).

Manfaat Main Sensorimotor

Beberapa manfaat main sensorimotor :
  1. Panca indera anak dirangsang untuk menerima informasi, ketika anank bersentuhan dengna orang lain, alat main, dan dirinya sendiri serta lingkungan sekitarnya. Misalnya anak sanggup menemukan perbedaan garang dan halus dengan memakai indera peraba. Contoh: anak memegang alat main, daun, pepohonan, batu-batuan, bersalaman dengan sobat dan dengan pendidik, dan lain-lain.
  2. Kemampuan anank untuk melaksanakan gerakan yang lebih terarah dan bermakna semakin berkembang. Contoh bayi menggeliat menjauhkan diri lantaran karena terkena benda dingin, anak melukis dengan jari.
  3. Mempertebal sambungan antar neuron (pusat syaraf) melalui penglihatan, bunyi, perasaan, bau, dan pengecapan akan memperlancar hubungan antar neuron. Contoh : Anak dilibatkan dalam acara memasak, menyapu, mencuci, melipat pakaian, berdiskusi wacana rasa makanan dan minuman, dan lain-lain.
Tahapan Sensorimotor

a. Sensorimotor 1

Anak mengulang beberapa gerakan ketika bermain untuk menikmati hasil yang ditimbulkan dari gerakan tersebut. Saat bermain anak tidak memakai alat bermain, hanya memakai anggota tubuh.
Contoh :
1. Memercikkan air dengan tangan
2. Menepuk pasir
3. Bertepuk atau melambaikan tangan

b. Sensorimotor 2

Anak terlibat dalam pengulangan tindakan dengna memakai benda/alat. Tindakan yang sama diulang-ulang untuk

melihat, mendengar atau mencicipi kembali.
  1. Anak memukul-memukul sesuatu di meja berulang-ulang untuk menikmati suaranya.
  2. Anak mencelupkan saringan ke kolam air dan memperhatikan air mengalir kembali ke baknya
  3. Memukul-mukul sekop dalam pasir
  4. Menuangkan air dari wadah melalui tangan

c. Sensorimotor 3

Anak melaksanakan acara berulang-ulang acara yang merupakan lantaran akhir sederhana yang mempunyai tujuan tertentu.
Contoh :
  1. Anak mempunyai tujuan mengisi wadah memakai sekop dengan tujuan mengisi wadah tersebut.
  2. Menuangkan air ke dalam teko dengan tujuan mengisi penuh teko tsb.
  3. Menyembunyikan dan menemukan benda di dalam air/pasir
  4. Menyusun berbalok-balok ke atas, kemudian merebohkan kembali.

d. Sensorimotor  4

Anak mengulang beberapa kali perjuangan coba-coba dengan suatu tujuan memalui banyak sekali cara.

Contoh :
  1. Anak mengisi teko dengan air, kemudian menuangkannya ke dalam wadah banyak sekali ukuran.
  2. Anak memakai sendok, sekop dan tangan untuk menuang beras atau pasir ke dalam botol yang disediakan
Demikian bunda sekalian, wacana pengertian dan manfaat main sensorimotor, semoga bermanfaat, terimakasih yang atas kunjungannya. wassallam...

Sumber : Disarikan dari Buku Panduan Main Sensorimotor Direktorat Jenderal PAUDNI 2013

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Pengertian Dan Manfaat Main Sensorimotor"

Post a Comment

wdcfawqafwef