Preode Perkembangan Anak Pra-Lahir Dan Janin

Anak sebagai individu insan yang telah berguru tahapan dan perkembangan kearah kemandiri PREODE PERKEMBANGAN ANAK PRA-LAHIR DAN JANIN
Anak sebagai individu insan yang telah berguru tahapan dan perkembangan kearah kemandirian, sebelumnya yaitu calon bayi yang dikandung ibu selama sembilan bulan lebih yang dikenal juga dengan sebutan janin. Periode Perkembangan Janin atau anak pra lahir ini terdiri dari beberapa tahapan dan periode utama yang sangat berbeda efek dan perkembangannya pada masing-masing periode tersebut. Seperti yang di ungkapkan Santrock yang membagi dalam tiga periode utama yaitu Periode Genital, Periode Embrionis, Periode Petal. Untuk lebih jelaskan sanggup kita lihat dalam uraian sebagai berikut :

1. Periode Germinal
Periode Germinal yaitu periode perkembangan pada Janin atau calon anak pra-lahir yang berlangsung pada 2 ahad pertama sehabis pembuahan. Ini mencakup penciptaan zigot, dilanjutkan dengan pemecahan sel, dan melekatkannya zigot ke dinding rahim. Dalam 36 jam sehabis pembuahan, zigot memasuki periode pembelahan dan penduplikasian kilat, lalu membelah diri menjadi 16 hingga 32 sel, membelah diri lagi hingga 64 sel, dan terus membelah diri. Pemisahan sel telah mulai ketika lapisan dalam dan lapisan luar organisme terbentuk.

2. Periode Embrionis
Periode Embrionis yaitu periode perkembangan pra kelahiran yang terjadi dari 2 hingga 8 ahad sehabis pembuahan. Selama periode embrionis, angka pemisahan sel semakin meningkat, sistem pinjaman bagi sel terbentuk, dan organ-organ mulai kelihatan. yang lalu memasuki masa-masa sel yang disebut embrio.

3. Periode Fetal
Periode Fetal yaitu periode perkembangan pra klahiran, dimulai dari 2 bulan sehabis pembuahan hingga lahir. Pada periode ini, janin tumbuh 20 kali lebih panjang daripada sebelumnya, dan organ serta sistem tubuhnya menjadi lebih kompleks. Saat itu Janin mulai membuktikan aktivitasnya laksana insan hidup, dengan respon terhadap situasi di dalam dan di luar rahim ibu yang mengandungnya. 

Anak sebagai individu insan yang telah berguru tahapan dan perkembangan kearah kemandiri PREODE PERKEMBANGAN ANAK PRA-LAHIR DAN JANIN

Berikut ini yaitu tahapan pertumbuhan janin dan bayi pada setiap minggu, dan setiap bulannya hingga bayi lahir ke dunia sebagai calon Anak Usia Dini :

Minggu ke 1: Dalam minggu-minggu awal ini, telah menjadi menstruasi terakhir sebelum kehamilan bagi seorang calon ibu. Perdarahan terjadi dan hormone-hormon ditubuh mempersiapkan sel telur untuk dilepaskan.

Minggu ke 2 : Uterus (dinding rahim) menebal dan mempersiapkan untuk tahap ovulasi dan menampung sel-sel dari pembuahan datangnya sperma ayah.

Minggu ke 3: Merupakan masa ovulasi (pelepasan telur). Kehamilan terjadi pada dikala ini. Pembuahan terjadi pada dikala sperma dari pasangan anda bertemu dengan sel telur anda di tuba falopi. Pembuahan memerlukan waktu 4 hari, sehabis telur dibuahi maka dinamakan zygote

Minggu ke 4: Saat buat si zygote kecil untuk menemukan daerah didalam rahim anda. Dengan berakhirnya ahad ini, anda tidak mendapat menstruasi, dan menjadi tanda pertama kemungkinan kehamilan. Pada beberapa perempuan mendapat sedikit perdarahan dan disalahartikan sebagai menstruasi, bekerjsama perdarahan yang sedikit itu lantaran implatasi dari zygote ke dinding rahim anda.

Minggu ke 5: Ukuran bayi anda kini sekitar sebuah biji aple dan pada ahad ini disebut sebagai embrio. Bayi anda sudah memiliki detak jantung sendiri, plasenta dan tali sentra sudah berkerja sepenuhnya pada ahad ini. Vesikel-vesikel otak primer mulai terbentuk, sistim saraf mulai berkembang.

Minggu ke 6: Embrio terlihat menyerupai berudu. Pada ahad ini sanggup mengenali kepala, ekor, tangan dan anggota tubuh masih menyerupai tunas. Pada ahad ini pembentukan awal dari hati, pancreas, paru-paru,kelenjar tiroid dan jantung.

Minggu ke 7: Jantung sudah terbentuk lengkap. Saraf dan otot bekerja bersamaan unutk pertama kalinya. Bayi memiliki reflek dan bergerak spontan(anda belum sanggup merasakannya). Akhir ahad ke ini otak akan terbentuk lengkap.

Minggu ke 8: Embrio kini berukuran panjang sekitar 25-30 mm. Lengan dan kaki sudah terbagi menjadi komponen paha, kaki,tangan, lengan, bahu. Organ reproduksinya mulai terbentuk begitu juga dengan kartilago dan tulang. Telinga luar sudah terbentuk sempurna, mata membentuk pigmen. Didalam otak, jaringan saraf berafiliasi dengan lobi penciuman di otak. Jantung sudah memompa dengan besar lengan berkuasa dan irama teratur.

Minggu ke 9: Pergerakan pertama fetus sanggup dideteksi dengan USG. Pada ahad ini perut dan rongga dada sudah terpisah dan otot mata dan bibir atas terbentuk.

Minggu ke 10: Tulang sudang menggantikan kartilago. Diafragma memisahkan jantung dan paru-paru dari perut. Otot leher terbentuk. Otak berkembang cepat dalam bulan terakhir ini sehingga proporsi kepala lebih besar daripada tubuh.

Minggu ke 11: Organ seks luar sudah terbentuk, juga folikel-folikel rambut dan gigi. Bayi sudah sanggup menelan cairan amnion dan mengeluarkan kembali(kencing).

Minggu ke 12: Ukuran fetus anda kini sekitar 8 cm. Semua organ vital bayi sudah terbentuk. Dengan signal dari otak, otot akan merespon dan bayi sudah sanggup menendang.

Akhir trimester pertama,organ-organ tubuh bayi sudah terbentuk. Rasa mual dan lelah pada anda sudah hilang. Perkembangan selanjutnya anda akan melihat pertumbuhan bayi (dan juga anda) bertumbuh lebih besar.

Perkembangan bayi anda pada bulan kehamilan 13-28 ahad (trimester ke dua) Memasukin trimester ke dua ini dunia luar akan mulai menyadari anda sebagai si calon ibu, lantaran perut anda sudah mulai terlihat. Bersamaan dengan rasa mual, lemas menghilang pada selesai trimester pertama, bayi anda akan terus bertumbuh, begitu juga anda.

Minggu ke 13: Panjang bayi sekitar 7,5 cm dengan trakea, paru-paru, perut,hati, pancreas, dan usus berkembang ke fungsi terakhir. Pita bunyi mulai terbentuk, dan tunas gigi muncul dengan 20 gigi bayi. Pada ahad ini jari tangan, telapak kaki, mulai terlihat.

Minggu ke 14: Pada ahad ini organ seks bayi sudah sanggup dibedakan antara laki dan perempuan. Denyut jantung bayi berdetak besar lengan berkuasa (detak jantung hampir 2X lebih cepat dari anda) dan anda sanggup mendengarkannya di dokter anda. Sudah memberi respon terhadap dunia diluar rahim ibu, bayi mungkin akan bergerak bila anda mengusap perut anda, tapi anda mungkin masih belum sanggup merasakannya.

Minggu ke 15: Bayi anda sudah mulai sanggup mendengarkan anda, mendengarkan denyut jantung anda, bunyi perut anda, juga bunyi anda. Sekarang bayi anda sudah mulai memiliki rambut di kepalanya, juga bulu mata dan alis. Ukurannya kini 114 gram dengan panjang sekitar 15cm.

Minggu ke 16: Jika anda melaksanakan USG dikala ini mungkin anda sanggup mengetahui jenis kelamin. Otot bayi sudah berkembang dan menjadi kuat. Gerakannya semakin aktif. Mulai mengisap ibu jarinya, menguap, merenggangkan tubuhnya, sudah menelan-kencing dan cengukan. Pada ahad ini kalau sinar terang diletakkan diperut anda bayi akan mengerakkan tangan – matanya.

Minggu ke 17: Masih banyak ruang dalam rahim anda bayi akan bergerak mencicipi sekitarnya. Kulit bayi anda berkembang dan transparan. Terlihat merah lantaran pembluh darah masih terlihat jelas.

Minggu ke 18: Sekarang bayi sudah sanggup mendengarkan bunyi dari luar tubuh anda, bayi akan bergerak atau melompat ketika mendengarkan bunyi keras. Otot bayi sudah sanggup berkontraksi dan relaks, bayi sudah sanggup menendang atau meninju. Bergerak sangat aktif , dalam ahad ini mungkin anda sudah sanggup mencicipi gerakan putarannya untuk pertama kali.

Minggu ke 19: Sekarang panjang bayi anda sekitar 23 cm. Jika anda belum juga mencicipi bayi anda, mungkin anda akan mulai mersakan gerakkanya ahad ini.

Minggu ke 20: Otot bayi anda semakin besar lengan berkuasa tiap minggu. Jika anda masih belum sanggup meraakan gerakkanya, anda niscaya akan mencicipi gerakkanya sekarang. Anda mungkin salah mengartikan gerakkanya pertama kali sebagai angin, lantaran terasa menyerupai letupan gelembung-gelumbung didalam. Bayi anda bergerak sekitar 200 kali sehari , tapi anda hanya akan mencicipi sedikit dari semua gerakan ini.

Minggu ke 21: Panjang sekitar 28 cm. Anda akan mencicipi lebih banyak gerakan bayi anda kini lantaran bayi makin aktif.

Minggu ke 22: Bayi anda sadar akan lingkungannya dan bayi akan merasa damai ketika mendengarkan bunyi dan sentuhan anda diperut. Tubuh bayi mulai memproduksi sel darah putih. Ini penting untuk bayi dalam melawan penyakit dan infeksi.

Minggu ke 23: Panjangnya sekitar 23 cm. Sekarang ukuran kepalanya sudah sesuai dengan tubuhya . Saat ini bayi terlihat sama menyerupai akan lahir nanti tapi lebih kecil dan kurus dikala ini. Anda sanggup mendengarkan detak jantung bayi anda dengan stestoskop.(letakkan stestoskop pribadi diperut anda). Pertumbuhan otak sangat cepat.

Minggu ke 24: Pendengaran bayi sudah terbentuk sempurna. Bayi akan bergerak dengan bunyi musik dari luar. Bayi membentuk contoh kapan dikala tidur dan kapan dikala bangun, anda akan mencicipi dengan suatu dikala bayi bergerak terus, dan dikala lain tidak.

Minggu ke 25: Bayi mulai berlatih bernafas dengan menghirup dan menhembuskan cairan amnion, yang mana kadang menciptakan bayi cegukan—dan anda akan sanggup merasakannya juga.

Minggu ke 26: Bayi sudah memiliki lemak dibawah kulit, yang akan membantu mengontrol suhu tubuhnya pada dikala lahir. Wajah dan tubuhnya secara umum akan terlihat bayi dikala lahir. Panjang sekitar 28-32 cm dengan berat sekitar 680 gram.

Minggu ke 27: Matanya sudah terbuka dan melihat sekelilingnya untuk pertama kalinya. Bayi terlihat menyerupai bernafas tetapi bekerjsama bayi mengambil air bukan udara. Ini merupakan latihan yang baik untuk paru-parunya.

Minggu ke 28: Pada bayi laki testis akan turun ke kantung skrotum. Jaringan otak berkembang. Sekarang bayi anda sanggup bermimpi.

Perkembangan bayi anda ahad ke 29-40 (trimester ke tiga) Memasuki trimester teakhir ini anda akan mulai mengunjungi dokter anda 2 ahad sekali, sibuk mencari nama unutk si kecil, dan kurang waktu tidur lantaran perut yang makin membesar ini….apapun itu dibawah ini perkembangan bayi dalam kandungan anda pada trimester teakhir ini.

Minggu ke 29: Posisi bayi dikala ini mempersipakan diri menyerupai posisi lahir dengan kepala kearah bawah. Jaringan lemak terus terbentuk.

Minggu ke 30: Bayi anda mengisi hampir seluruh ruang di rahim anda. Ketika bayi menendang atau mendorong, anda sanggup melihat kaki atau tangannya bergerak dibawah kulit perut anda. Otak berkembang sangat cepat.

Minggu ke 31: Bayi makin bertumbuh besar, maka ruangan rahim menjadi lebih sedikit, bayi akan berkurang gerakknya. Bayi kemungkinana dalam posisi melengkungkan tubuh dengan dengkul dilipat, dagu di dadanya dan tangan dan kaki saling bersilang.

Minggu ke 32: Bayi berada dalam posisi kepala dibawah hingga nanti lahir. Bayi akan tetap menendang, gerakan rata-rata sehari meningkat 375 perhari, tapi anda tidak akan mencicipi semuanya ini, 10 gerakan sehari sudah normal.

Minggu ke 33: Anda akan makinmerasakan gerakknya lantaran bayi mengisi hampir seluruh ruang rahim. Gerakan akan menjadi aktif suatu waktu yang menciptakan anda tak nyaman,terutama ketika kakinya dibawah tulang rusuk anda. Bayi memiliki seluruh rambutnya pada ahad ini.

Minggu ke 34: Pertumbuhan terutama pada otak dalam minggu–minggu ini. Semua system tubuh sudah terbentuk sempurna, walaupun paru-paru masih tetap belum matang. Bayi memberi respon terhadap bunyi yang familiar.

Minggu ke 35: Bayi terus menambah cadangan lemak bawah kulitnya. Kepala bayi sudah mulai memasuki panggul.

Minggu ke 36: Mulai dari ahad ini bayi sudah memiliki ukuran dan kematangan yang siap untuk lahir. Jika bayi lahir pada ahad ini bayi lahir premature tetapi akan bayi akan baik saja. Pada bulan terakhir kehamilan ini bayi akan mendapat antibody dari ibunya, menyerupai campak. Lemak akan terus bertambah diabwah kulit bayi setiap hari.

Minggu ke 37: Bayi akan terus berlatih untuk mengerakkan paru-parunya, lantaran bayi akan bernafas sehabis dilahirkan. Jika posisi kepala bayi dibawah maka kemungkinana kepala sudah memasuki panggul ibu pada ahad ini.

Minggu ke 38: Reflek bayi sudah terkoordinasi, bayi sudah sanggup mengedipkan mata, mengerakkan kepala, memegang, dan merespon suara, sentuhan, dan cahaya. Bayi sudah sanggup membedakan antara terang dan gelap.

Minggu ke 39-40: Bayi sudah siap untuk lahir. Bayi sduah terlihat cukup bahenol sekarang, dengan lemak yang terbentuk dibawah kulitnya, akan bisa mengatur suhu tubuhnya dikala lahir. Kulit bayi halus dan lembut. Berat bayi sekitar 2.7kg-3.2kg dengan panjang sekitar 50 cm.

Periode tersebut sanggup dilihat dalam tayangan Video perkembangan dan tahapan pertumbuhan anak pra-lahir sebagai janin berikut ini :

Video Proses kelahiran Bayi
Video Anak PAUD dan Proses Perawatan Anak
Video Pendidikan Sejak dalam Kandungan Ibu
Video terbentuknya anak dari sel sperma dan Janin
Video Anak Bayi dalam Kandungan Ibu
Video kegiatan anak dalam rahim 
Video mengenal jenis seks dan Kelamin Manusia
Video/Film Perkembangan Anak Pra-lahir dan Janin.
Video Seks perempuan dan Pria dari Bayi dalam Janin
Video proses bayi Tabung dalam bidang kedokteran
Video/film Bayi Tabung Uji (al-atfal al-anabib): Menurut Perspektif Fiqh Islami. 
 

Perkembangan, Janin, Bayi, dan Anak pra-lahir dan pertumbuhannya sebagai calon insan dimuka bumi. Perkembanga anak usia dini sehabis lahir, sehabis melewati masa-masa dan tahapan pra-lahir dan Janin.

Source : Pertumbuhan dirangkum dari banyak sekali sumber
Gambar : Google Taken.

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Preode Perkembangan Anak Pra-Lahir Dan Janin"

Post a Comment

wdcfawqafwef