Mengenal Kecerdasan Musikal Pada Anak Usia Dini

nari kecil mengikuti alunan atau hentakan irama musik MENGENAL KECERDASAN MUSIKAL PADA ANAK USIA DINI
Pernahkan bunda--dan ayah'nda--melihat ananda bergerak-gerak, bergoyang, dan menari-nari kecil mengikuti alunan atau hentakan irama musik. Telihat lucu dan menggemaskan, Itulah tanda anak memang mempunyai salah satu kecerdasan dalam kecerdasan jamak (Multiple Intelligences) yaitu kecedasan musikal, musik yang memang telah menjadi potensi bawaan semenjak anak masih sangat kecil. Anak usia dini yang mempunyai kecerdasan musik terlihat bahagia bernyanyi, bersenandung, atau bersiul seorang diri. Jika mendengar irama musik tersebut, anak yang berbakat secara kinestetik di bidang ini akan menggerak-gerakan tubuhnya mengikuti irama dan ikut menyanyi. Anak yang sangat cerdas dan berbakat bahkan sudah sanggup memainkan alat musik yang berdasarkan sebagian anak sangat rumit.

Tetapi juga perlu diperhatikan bahwa ada anak usia dini yang cerdas di bidang musik ini dengan cara tidak nampak dan kentara dengan hanya mengambarkan rasa apresiasi yang baik pada musik. Secara umum kecerdasan musikal yaitu kemampuan seorang anak dalam menangani bentuk-bentuk musikal, menyerupai mengubah, menikamati musik, mengekspresikan diri, contohnya seorang anak mencoba menjadi artis hayalannya, pemain musik, mengekspresikan diri, contohnya menjadi penyanyi, komposer, dan menjadi pemain musik. Sebagai seorang pendidik PAUD hendaknya kita membantu menggali dan turut menyebarkan kemampuan anak yang mempunyai kecerdasan musikal ini seotimal mungkin.

nari kecil mengikuti alunan atau hentakan irama musik MENGENAL KECERDASAN MUSIKAL PADA ANAK USIA DINI
 
nari kecil mengikuti alunan atau hentakan irama musik MENGENAL KECERDASAN MUSIKAL PADA ANAK USIA DINI

Pada perkembangan selanjutnya menyerupai yang kita ketahui bahwa pada awal-awal pertumbuhan otak anak anak berkembang lebih pesat pada kemampuan otak kananya. Karena itu kecerdasan musikal yang bersentuhan pribadi dengan potensi kecerdasan otak kanan anak sangat cantik untuk dibangun semenjak usia dini. Kegiatan-kegiatan seni khususnya seni musik di sekolah atau forum PAUD sanggup membantu perkembangan kecerdasan anak menjadi lebih optimal, terutama kemampuan kecerdasan musikal pada anak usia dini. Guru dan pendidik PAUD sanggup berperan aktif dalam memperlihatkan rangsangan-rangsangan pada kecerdasan musikal anak dengan kegiatan-kegiatan musik baik secara pribadi maupun tidak pribadi melibatkan anak dalam acara tersebut. Kegiatan pribadi contohnya anak diajak bernyanyi, bermain musik,dan sebagainya. Kegiatan tidak pribadi melibatkan anak contohnya di forum PAUD sanggup diputarkan musik dan video lagu-lagu anak, musik klasik sanggup menjadi pilihan yang baik untuk seluruh anak di forum PAUD tersebut. Dengan acara tersebut dibutuhkan kemampuan musikal dan apresiasi seni musik anak sanggup menjadi dasar bagi peningkatan dan perkembangan kecerdasan otak anak secara lebih optimal.

Demikian mengenai kecerdasan musikal pada anak usia dini, agar bermanfaat untuk dijadikan contoh bagi pendidik dan orang bau tanah dalam mendukung anak berguru dan berlatih di rumah dan di sekolah. Terima kasih.

Sumber : di sarikan dari aneka macam sumber !!

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Mengenal Kecerdasan Musikal Pada Anak Usia Dini"

Post a Comment

wdcfawqafwef