Inilah Landasan Filosofis Paud Lengkap Bab 4

Landasan Filosofis Pendidikan Anak Usia dini (PAUD) sanggup dilihat dalam pandangan beberapa hebat berikut ini :

1. Pandangan Pestalozzi (1746 - 1827)
2. Pandangan Maria Montessori (1870 - 1952)
3. Pandangan Froebel (1782 - 1852)
4. Pandangan J.J Rousseau (1712 - 1778)
5. Pandangan Jean Piaget (1896 - 1980) dan Lev S Vigotsky (1896 - 1934)
6. Pandangan Ki Hadjar Dewantara (1889 - 1959)



4. Pandangan J.J. Rousseau

Landasan Filosofis Pendidikan Anak Usia dini  INILAH LANDASAN FILOSOFIS PAUD LENGKAP BAGIAN 4
Gambar: riomarvillages.com
Jean Jacques Rousseau yang hidup antara tahun 1712 hingga dengan tahun 1778, dilahrikan di Geneva, Swiss, tetapi sebagian besar waktunya dihabiskan di Perancis.

Rousseau menyarankan konsep "kembali ke alam" dan pendekatan yang bersifat alamiah dalam pendidikan anak. Bagi Rousseau pendekatan alamiah berarti anak akan berkembang secara optimal,tanpa hambatan.

Menurutnya pula bahwa pendidikan yang bersifat alamiah menghasilkan dan memacu berkembangnya kualitas semacam kebahagiaan, spontanitas dna rasa ingin tahu. Rousseau percaya bahwa walaupun kita telah melaksanakan kontrol terhadap pendidikan yang diperoleh dari pengalaman sosial dan melalui indera, tetapi kita tetap tidak sanggup mengontrol pertumbuhan yang bersifat alami.

Untuk mengetahui kebutuhan anak, guru harus mempelajari ilmu yang berkaitan dengan anak-anak. Tujuannya yaitu semoga guru sanggup memperlihatkan pelajaran yang sesuai dengan minat anak. Kaprikornus yang menjadi titik pangkal yaitu anak. Tujuan pendidikan berdasarkan gagasan Rousseau yaitu membentuk anak menjadi insan yang bebas.

Rousseau mempunyai keyakinan bahwa seorang ibu sanggup menjamin pendidikan anaknya secara alamiah. Ia berprinsip bahwa dalam mendidik anak, orang bau tanah perlu memberi kebebasan pada anak semoga mereka sanggup berkembang secara alamiah.


LANDASAN FILOSOFIS PAUD LENGKAP BAGIAN 5  >>

Bag 5


Sumber: Buku Seri Bahan Ajar Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Dirjen PAUD Nonformal dan Informal, Direktorat Pembinaan PTK PAUD Nonformal dan Informal, Depdikbud. 2013.


Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Inilah Landasan Filosofis Paud Lengkap Bab 4"

Post a Comment

wdcfawqafwef