10 Tips Mengajar Yang Baik Untuk Guru Pendidik Paud

Dalam acara pembelajaran di PAUD terdapat beberapa teknik dan cara mengajar yang baik y 10 TIPS MENGAJAR YANG BAIK UNTUK GURU PENDIDIK PAUD
Dalam acara pembelajaran di PAUD terdapat beberapa teknik dan cara mengajar yang baik yang harus dimiliki oleh seorang guru atau pendidik PAUD, teknik dan cara mengajar yang baik ini menyangkut kompetensi dan kemampuan profesional yang harus dimiliki seorang pendidik dalam acara pembelajaran dan pengasuhan anak usia dini. Berikut ini ada beberapa tips mengajar dan mendidik yang baik dalam acara pembelajaran dan pengasuhan di PAUD yaitu :

  1. Cintai dan sayangi anak didik ibarat anak kita sendiri.; seorang pendidik yang baik akan sanggup meresapi di dalam hatinya bahwa dia sangat menyayangi dan menyayangi anak didiknya disekolah ibarat dia menyayangi dan menyayangi anak-anaknya sendiri di rumah.
  2. Mengajar dengan berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan anak; apa yang dilakukan pendidik di sekolah dan forum PAUD berorientasi pada kebutuhan perkembangan anak, pendidik yang baik akan selalu memperhatikan kebutuhan anak dalam belajarnya. Setiap anak diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan cita-cita yang ditanggapi dengan antusias yang sama oleh pendidik.
  3. Berikan Penampilan yang terbaik dan terindah dalam mengajar; Seorang pendidik harus menunjukkan penampilan dan kemampuan yang terbaik dalam mengajar, contohnya dalam menyanyi seorang pendidik PAUD harus berusaha menyanyi dengan bunyi yang baik dan merdu didengar anak. demikian juga dalam aspek-aspek lainnya, ibarat pakaian, cara bersikap, dan sebagainya.
  4. Mengajar dengan penuh semangat dan antusias; pendidik harus terlihat bersemangat dan penuh motivasi dalam mengajar, semangat keceriaan yang sesuai dengan dunia anak harus dilakukan semoga anak juga termotivasi untuk berguru di kelasnya.
  5. Perhatikan setiap sudut keberadaan anak; pendidik harus jeli mengawasi dan memperhatikan anak hingga kesetiap sudut, semoga sanggup menangkap setiap gerakan anak. Dalam situasi tertentu kontak mata dengan anak tidak lagi dibutuhkan, lihat seluruh anak dengan rata-rata air diseluruh kepala mereka saja untuk mengetahui keberadaan kawanan secara lebih cepat.
  6. Jangan berteriak-teriak mengulang perintah yang sama; kita jangan berteriak-teriak kepada anak untuk mengulang perintah yang sama kepada anak, alasannya yakni semakin kita berteriak dan  ulangi maka anak akan semakin mengabaikannya di hari berikutnya. Kaprikornus lebih baik tunggu jeda saat anak sudah hening barulah kita lakukan satu kali perintah dengan terang dan tegas.
  7. Gunakan prinsip iklan "kesan pertama begitu menggoda" ; tariklah perhatian anak dengan sesuatu yang menarik hati untuk mengajak anak memperhatikan kita, contohnya dengan bunyi-bunyian, lagu, bentuk, cahaya, gerakan dll. Sehingga pendidik tidak perlu berteriak-teriak memanggil bawah umur untuk menarik perhatiannya.
  8. Tegas tapi tidak marah; dalam menerapkan disiplin dan peraturan pendidik harus tegas dan konsisten tetapi tidak terlihat emosi apalagi dengan marah-marah. Kepada anak berikan sebuah janji bahwa kita memiliki hukum dan batasan tindakan yang harus diperhatikan anak.
  9. Tanggap terhadap keluhan anak tapi tidak pada kemalasan; pendidik harus menanggapi setiap keluhan anak yang bersifat kemajuan dalam perkembangan berguru anak, tetapi kadang kita harus tahu ada anak tertentu yang bersikap malas, keluhannya alasannya yakni rasa malas yang dimiliki anak tidak kita berikan toleransi dalam rangka penegakan disiplin pada anak.
  10. Kreatifitas yang tinggi; Kretifitas yang tinggi dan selalu up to date harus selalu jadi ciri pendidik PAUD yang baik. Setiap hari kita harus selalu berfikir wangsit apa yang menarik, efektif, dan membantu perkembangan berguru anak supaya lebih baik. Pendidik PAUD harus selalu berusaha meninggkatkan pengetahuan dan keterampilan mengajar dan mendidik anak-anaknya.
Dari kesekian tips mengajar di atas, kunci dari keberhasilan, kesuksesan pendidik PAUD dalam mengajar dan mendidik bawah umur yakni komunikasi yang baik. Dengan komunikasi yang baik akan terjalin korelasi yang baik antara kita sebagai pendidik dengan bawah umur didik kita forum dan sekolah PAUD.
 
Demikian 10 tips mengajar yang baik dari sekian cara mengajar yang baik untuk guru dan pendidik PAUD, semoga bermanfaat, kalau bunda dan rekan-rekan memiliki pengalaman yang lain berkaitan dengan cara mengajar yang baik ini mohon disare dan dibagikan disini ya. terimakasih.  



Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "10 Tips Mengajar Yang Baik Untuk Guru Pendidik Paud"

Post a Comment

wdcfawqafwef