Tips Dan Cara Mendidik Anak Berpuasa Ramadhan


Berpuasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi kaum muslim yang sudah baliq. Tidaklah gampang menjalankan puasa untuk pertama kali, apalagi untuk anak-anak. Untuk itu ada baiknya bila kita sanggup mengajarkan puasa pada anak semenjak usia dini. Berikut beberapa tips mendidik anak untuk berpuasa di bulan Ramadhan ini:
  1. Ajaklah bawah umur kita sahur bareng bersama keluarga, ini untuk membiasakan diri supaya mereka sanggup memahami waktu sahur. Pastikan anak untuk selalu melaksanakan sahur supaya mendapat sumber energi untuk puasa esok harinya.
  2. Menu masakan sahur dibentuk sesuai dengan kesukaan anak, tentunya dengan memperhatikan dan mengutamakan kandungan gizi, karbohidrat dan nutrisi yang cukup. Ini untuk merangsang anak supaya mau makan sahur.
  3. Buat suasana ketika sahur menyenangkan buat anak sebab pada ketika ini anak masih terasa sangat mengantuk.
  4. Tingkatkan konsumsi masakan yang mengandung lemak untuk membantu menghindari rasa lapar dan perbanyak masakan berserat untuk memperlancar buang air besar.
  5. Berikan minuman yang mengandung gula menyerupai teh manis, susu, atau jus buah. Karena gula gampang larut dan diserap oleh badan sehingga sanggup dengan cepat dipakai sebagai sumber energi.
  6. Tidak memperlihatkan vitamin penambah nafsu makan ketika sahur sebab sanggup menciptakan anak cepat lapar.
  7. Di siang hari bila anak kita merasa lapar dan tidak sanggup menahan lapar, biarkan mereka makan kemudian dilanjutkan puasanya hingga waktu berbuka.
  8. Berikan motivasi dan penghargaan kepada bawah umur bila mereka berhasil berpuasa satu hari penuh. Penghargaan tidak harus berupa perhiasan uang saku tapi sanggup juga dengan memperlihatkan sajian Istimewa kesukaan anak ketika berbuka.
  9. Saat berbuka puasa, mulailah dengan memakan atau minum yang cantik menyerupai buat kurma atau teh manis. Dianjurkan untuk minum yang hangat tidak cuek (es).
  10. Makan ketika berbuka jangan hingga kekenyangan sebab akan menciptakan perut sakit sehingga anak menjadi trauma. Makanlah secara bertahap. Misalnya sesudah sholat magrib kemudian dilanjutkan sesudah sholat isya.
Demikian tips dan cara mendidik anak supaya bepuasa dibulan suci Ramadhan ini, semoga goresan pena ini bermanfaat dan sanggup membantu memahami perkembangan anak untuk ikut beribadah dibulan puasa Ramadhan ini.

Sumber : http://kambingaqiqah.com/

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Tips Dan Cara Mendidik Anak Berpuasa Ramadhan"

Post a Comment

wdcfawqafwef