Cara Mengetahui Tangisan Bayi

Sebagai orang bau tanah kita wajib mengetahui tangisan bayi kita, lantaran melalui tangisannya inilah sikecil berusaha memberikan keadaannya kepada kedua orang tuanya. Jika sikecil menangis, maka ada beberapa tanda atau sinyal pemberitahuan yang dikirim bayi untuk kita.

Menurut sebuah penelitian, ada 5 macam tangisan bayi di seluruh dunia yang sama konsepnya, dimana jenis tangisan itu mempunyai makna sendiri-sendiri. lantaran itu perlu menerima respon dari orang tua, sehingga ketika bayi kita menangis, kita sanggup mengetahui maksud dari bayi tersebut dan orang bau tanah sanggup bertindak sesuai dengan kebutuhan bayi kita tersebut.
Lima macam tangisan bayi tersebut sanggup diidentifikasi sebagai berikut : 
  1. Bayi menangis dengan bunyi "Owh" hal ini menunjukan bayi kita sudah mengantuk dan ingin tidur, jadi jangan ribut ya.
  2. Bayi menangis dengan bunyi "Neh" Ini tandanya bayi kita sedang lapar, atau haus minta susu atau makan.
  3. Bayi menangis dengan bunyi "Heh" Bayi kita berusaha memberikan ia tidak lezat baik dari lingkungan luar maupun dari posisnya yang kurang nyaman.
  4. Bayi menangis dengan bunyi "Eir" bayi kita sedang ingin buang hajat, atau sakit perut lantaran mau buang hajat tersebut.
  5. Bayi menangis dengan bunyi "Eh" bayi kita sekedar ingin bersendawa atau buang angin.
Selain kelima macam tangisan bayi di atas juga sanggup terjadi bayi menangis secara acak, dengan melihat reaksi lingkungannya. Misalnya bayi yang semula menangis dengan bunyi "Owh" lantaran mengantuk tapi lantaran tidak ada reaksi atau respon positif dari orang tuanya, maka menjadi "Eir" dengan keinginan ini sanggup cepat didengar oleh orang tuanya.


Penyebab Bayi Menangis
Ada beberapa alasannya bayi kita menangis, berikut ini yakni penyebab umum bayi kita menangis. Jika si bayi menjerit, menangis, dan Anda tak tahu mengapa, coba ingat-ingat daftar mengenai hal-hal penyebab bayi menangis di bawah ini. Mudah-mudahan Anda sanggup menemukan sesuatu yang sanggup membantunya berhenti menangis.


1. Lapar
Pikiran pertama para orangtua ketika bayinya menangis yakni lantaran si bayi lapar. Cobalah untuk mengenali gejala bayi lapar untuk membantu Anda memulai menyuapi bayi sebelum ia menangis. Beberapa tanda yang perlu diperhatikan pada bayi yang gres lahir ketika ia lapar; bergerak-gerak menyerupai tidak nyaman, menggerak-gerakkan mulutnya dan mengecapkan bibirnya, mencari tangan Anda ketika Anda mengusap pipinya (gerak refleks bayi untuk mencari asal makanan), dan menaruh tangannya di mulut.

2. Popok kotor
Beberapa bayi akan pribadi memberitahu orangtuanya pribadi sehabis ia membuang kotoran. Anda pun sanggup mengecek dengan menyentuh popoknya, apakah ada yang berat atau tidak. Beberapa bayi lain sanggup tahan untuk tidak menangis begitu popoknya kotor.

3. Mengantuk
Orang remaja berpikir, bayi sanggup dengan mudahnya tertidur di mana pun, kapan pun. Padahal, nyatanya, bayi tidak semudah itu untuk tertidur. Sebagian bayi akan rewel dan menangis sebelum tidur, khususnya kalau mereka terlalu lelah. Ketika Anda melihat si bayi mulai menguap, coba ajak ia ke daerah tidur dan buat nyaman. Jika ia memang lelah dan butuh tidur, ia akan tertidur.

4. Hanya ingin dipeluk
Bayi butuh banyak sentuhan dan pelukan. Mereka bahagia menatap wajah orangtuanya, mendengar bunyi orangtuanya, mendengar detak jantung, bahkan sanggup mendeteksi aroma tubuh orangtuanya. Tangisan sanggup jadi merupakan cara mereka minta didekap.

Ada sebagian orangtua yang bertanya-tanya, apakah mendekapnya terlalu sering sanggup menciptakan bayi manja. Tetapi, untuk beberapa bulan pertama hidup bayi, dekapan terlalu sering tak akan membuatnya menjadi anak manja. Supaya tak terlalu pegal, Anda sanggup memakai kain gendong atau carrier. Ide lain yang sanggup Anda lakukan, bungkus ia dengan selimut lembut, taruh ia dalam dekap lengan, kemudian elus rambut serta wajahnya.

5. Masalah dengan perut (gas, kolik, dan lainnya)
Masalah dengan pencernaan anak, yang berkaitan dengan gas atau kolik sanggup menjadikan tangisan bayi. Bahkan, kolik sanggup menjadikan bayi menangis berjam-jam, bahkan berhari-hari.

Jika bayi Anda sering merengek dan menangis sehabis diberi makan, kemungkinan ia mencicipi sakit pada perutnya. Bila bukan terjadi akhir kolik, gas dalam lambung sanggup menjadikan rasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, cobalah letakkan ia dalam posisi telentang, pegang kakinya, dan gerakkan kakinya menyerupai ia sedang mengayuh sepeda dengan gerakan lamban. Lihat pula celana yang ia kenakan, kalau talinya dalam bentuk karet, sanggup jadi celana itu menekan perutnya dan menahan gas yang ingin keluar dari perutnya. Angkat karetnya. Tekanan sedikit pun sanggup menyakiti perutnya. Carilah kemungkinan lain yang sanggup menjadikan rasa sakit pada perut bayi, menyerupai asam lambung, flu perut, alergi susu, intoleransi laktosa, konstipasi, dan pengeluaran tersumbat.

6. Gumoh
Gumoh atau bersendawa yakni hal yang perlu. Jika si bayi menangis usai diberi makan, mungkin ia hanya perlu dibantu untuk mengeluarkan sendawa (gumoh). Ini terjadi ketika bayi menelan udara ketika ia menyusu ASI atau dari botol. Jika udara tidak dikeluarkan, itu sanggup menjadikan ketidaknyamanan. Beberapa bayi akan merasa amat terganggu kalau ada angin dalam perutnya. Sebagian bayi tak problem dengan adanya angin dan akan keluar dengan sendirinya. Coba taruh ia di pundak Anda sambil elus atau tepuk perlahan pundaknya. Ada sebagian anak yang sanggup mengeluarkan angin ketika ia ditaruh tengkurap. Cari tahu mana yang lebih besar lengan berkuasa untuk bayi Anda.

7. Terlalu cuek atau terlalu panas
Ketika si kecil merasa kedinginan, menyerupai ketika Anda melepaskan pakaiannya untuk mengganti popok, atau membersihkan bokongnya dengan lap dingin, ia sanggup memprotes dengan tangisan.

Bayi gres lahir sangat suka dibungkus rapat dan dijaga hangat, tetapi bukan panas. Umumnya, bayi butuh satu lapisan pelengkap lebih ketimbang yang dikenakan orang remaja untuk merasa nyaman dengan suhu sekitar. Umumnya, bayi tidak terlalu rewel dengan suhu terlalu hangat ketimbang merasa kedinginan.

8. Sempit
Bayi sanggup merasa tak nyaman akan hal-hal kecil, menyerupai adanya rambut yang melilit pada salah satu pecahan tubuhnya dan menjadikan sirkulasi darah tersumbat. Hal-hal semacam inilah yang pertama kali dicari oleh dokter ketika ada bayi yang tak berhenti menangis. Ada pula sebagian anak yang ekstrasensitif terhadap bagian-bagian pakaian yang menciptakan tidak nyaman, menyerupai label merek pakaian atau jahitan baju.

Anda sanggup coba bayangkan diri Anda berada di posisinya. Kira-kira apa yang sanggup menjadikan ketidaknyamanan, menyerupai apakah ada pecahan pakaian yang sanggup menciptakan jari, lengan, atau kaki keram, apakah harus ganti posisi tidur atau duduk, apakah empeng yang diberikan punya rasa tidak enak, ataukah label pakaian bikin gatal, apakah terlalu cuek kalau daerah tidur terlalu bersahabat dengan lantai, ataukah cahaya lampu terlalu terang, atau bunyi televisi terlalu kencang, dan sebagainya.

9. Tumbuh gigi
Tumbuh gigi sanggup bikin gusi terasa sakit. Beberapa anak sanggup menangis lebih parah dari anak lainnya, tetapi umumnya belum dewasa akan rewel dan menangis ketika melewati tahap ini. Jika bayi Anda menangis dan Anda tak mengerti kenapa, coba rasakan gusinya dengan jari Anda. Jika memang ada rasa keras di gusinya, mungkin memang lantaran ada gigi yang sedang ingin tumbuh. Secara rata-rata, gigi pertama anak tumbuh antara usia 4-7 bulan, tetapi sanggup juga lebih cepat.

10. Terlalu banyak stimulasi
Bayi berguru dari stimulasi dunia di sekitarnya, tetapi kadang mereka butuh waktu untuk memproses hal-hal tersebut, menyerupai cahaya, suara, ganti-ganti gendongan, dan lainnya. Tangisan sanggup jadi caranya untuk minta tidak boleh stumulasi itu.

11. Kurang stimulasi
Anak yang butuh perhatian mungkin akan mempunyai perilaku yang ceria dan bersemangat untuk mengenal dunia, dan satu-satunya cara mengehentikan tangisnya yakni terus beraktivitas. Hal ini sanggup jadi hal yang melelahkan untuk Anda.

12. Tak lezat badan
Jika Anda sudah memperlihatkan segala kebutuhan fundamental si bayi, makan, mengeluarkan angin, tidak ada yang tersumbat, popok baru, dibungkus, digendong, dan lainnya, tetapi ia tetap menangis, sanggup jadi ia sedang tidak lezat tubuh dan temperaturnya tinggi. Umumnya tangisan bayi yang sedang tidak lezat tubuh berbeda dari tangis biasanya. Percayakan insting Anda kalau ada perasaan yang ajaib pada tangis si bayi.

Cara mengatasi tangisan bayi kita yakni dengan memenuhi usul sesuai dengan tangisannya tersebut : 

Demikian lima macam tangisan bayi kita sebagai sebuah komunikasi yang harus orang bau tanah pahami maknanya.

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Cara Mengetahui Tangisan Bayi"

Post a Comment

wdcfawqafwef