Mainan Yang Harus Diwaspadai Dan Diubahsuaikan Untuk Anak Usia Dini

 bahkan sangat penting untuk medukung tumbuh kembangnya MAINAN YANG HARUS DIWASPADAI DAN DISESUAIKAN UNTUK ANAK USIA DINI
Bunda--sekalian, Bermain untuk anak memang sangat perlu, bahkan sangat penting untuk medukung tumbuh kembangnya, tetapi perlu deketahui bahwa tidak semua jenis mainan cocok dan baik untuk anak usia tertentu, ada juga beberapa mainan yang memang harus diubahsuaikan untuk anak dan usianya alasannya yakni faktor keamanan dan keselamatan anak. Berikut ini banyak sekali macam bentuk, ukuran, bahan, dan kekuatan mainan yang harus diubahsuaikan untuk anak biar anak senantiasa bermain dengan kondusif dan nyaman sbb:
  1. Kategori mainan remas (squeeze toys) dan kerincingan (rattless). Mainan-mainan ini harus didesain sedemikian rupa biar tidak ada bagian-bagian yang menonjol lebih dari 3 cm, serta memungkinkan masuk ke dalam ekspresi anak dan menimbulkan ancaman tersedak atau sesak nafas.
  2. Mainan yang bebentuk bola kecil (small balls). Bisa dikatakan bola kecil bila diameternya kurang dari 3,17 cm. Untuk anak usia 36 bulan hingga dengan 96 bulan, boleh diberikan mainan bola kecil atau mainan yang mengandung bola kecil yang sanggup dilepaskan (removable). Namun ketentuan tersebut harus disertai dengan peringatan sebagai panduan pada kemasan mainan. Peringatan atau panduan tersebut seperti, peringatan ; "mainan ini yakni bola kecil yang memungkinkan terjadinya ancaman tersedak pada anak". Tidak cocok untuk anak usia di bawah 3 tahun (3 year chocking hazard".
  3. Mainan Pompom. Jenis mainan ini yakni mainan dengan sekumpulan serat, benang atau tali yang diikat sedemikian rupa pada potongan tengahnya sehingga membentuk bulatan. Pompom memiliki potensi ancaman tersedak (chocking hazard) terhadap anak usia di bawah 36 bulan. Bahaya yang dimaksud yakni ancaman terlepasnya komponen apapun pada pompom, meski sehelai benang, karena, alasannya yakni dimungkinkan akan dimasukan ke dalam ekspresi oleh anak. Mereka masih memungkinkan untuk melaksanakan tindakan-tindakan yang tidak sewajarnya terhadap benda-benda di sekitarnya termasuk mainan ini.
  4. Mainan tokoh untuk anak usia pra-sekolah (pre-school play figures). Potensi ancaman yang perlu diperhatikan pada mainan ini yakni ancaman tersedak untuk anak berusia di bawah 36 bulan jikalau panjangnya tidak lebih dari 64 mm. Kempongan mainan untuk anak usia 36 bulan harus memiliki panjang nipel tidak lebih dari 16 mm alasannya yakni jikalau lebih panjang dari itu akan menimbulkan ancaman tersedak.
  5. Model mainan balon yang terbuat dari karet. Mainan ini juga harus disertai dengan peringatan. Dikhawatirkan, jikalau balon pecah akan menghasilkan serpihan yang berbahaya jikalau lalu tertelan oleh anak atau lembaran yang berbahaya jikalau ditutupkan ke muka dan berakibat anak sulit bernafas. Jika pada balon mainan tersebut terdapat komponen yang sanggup dilepas atau tidak sanggup dilepas, maka dihentikan berupa small part yang berbahaya alasannya yakni sanggup tertelan oleh anak. Karena itu pada kemasan balon mainan, harus dicantumkan peringatan untuk diperhatikan; "Peringatan Anak berupa di bawah 8 tahun sanggup tersedak atau sesak nafas akhir pecahan balon. Harus dalam pengawasan orang dewasa, Jauhkan pecahan balon dari anak-anak. Ketika balon pecah, segera buang," .
  6. Model mainan yang berbentuk mangkuk, separuh bola, separuh telur dengan ukuran tertentu pula, memiliki resiko menimbulkan sesak nafas pada bawah umur berusia di bawah 36 bulan khususnya antara 4 hingga 24 bulan. Hal yang dikhawatirkan yakni jikalau mainan yang berbentuk mangkuk tersebut menutup ke wajah anak yang lalu mengakibatkan anak tidak sanggup bernafas, sesak nafas, panik alasannya yakni gelap. Untuk menghindari resiko tersebut, maka mainan berbentuk mangkuk tersebut harus memiliki lubang dengan ukuran minimum 2 mm yang masih memungkinkan anak untuk sanggup bernafas dan melihat cahaya jikalau mainan itu ditutupkan ke muka anak. 
Demikian bunda--sekalian beberapa macam bentuk, ukuran, bahan, dan kekuatan mainan yang harus diwaspadai dan diubahsuaikan untuk anak usia dini. Semoga kita sanggup menunjukkan aneka permainan yang baik dan mendukung tumbuh kembang bawah umur kita. Terimakasih..wassalam.

Sumber: Disarikan dari Buletin Usia Emas Edisi 02/Tahun I/ 2012, dengan sedikit perubahan dan penambahan



Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Mainan Yang Harus Diwaspadai Dan Diubahsuaikan Untuk Anak Usia Dini"

Post a Comment

wdcfawqafwef