Mengenalkan Semenjak Dini Alat Musik Tradisional Pada Anak

 sebagai warisan kebudayaan bangsa Indonesia yang harus dilestarikan MENGENALKAN SEJAK DINI ALAT MUSIK TRADISIONAL PADA ANAK
Alat musik teradisional, sebagai warisan kebudayaan bangsa Indonesia yang harus dilestarikan, seyogyanya harus kita perkenalkan kepada anak semenjak usia dini. Ini ialah salah satu cara untuk menumbuhkan dan memupuk rasa gembira dan cinta anak pada bangsa dan tanah air.

Alat musik tradisional sebagai salah satu bentuk simbol nilai-nilai tradisi yang telah melembaga, menempel dan menjadi ciri masyarakat Indonesia yang berkarakter. Sebagai bab dari budaya bangsa, yang digali dari aneka macam nilai-nilai dari masing-masing tempat atau masyarakat di wilayah tertentu, tentunya perlu dibina dan diperlihara sebaik-baiknya, biar tidak tergerus oleh arus globalisasi dan perkembangan jaman yang membawa unsur-unsur luar pada bangsa Indonesia, salah satunya dengan memperkenalkan semenjak dini alat-alat musik tradisional tersebut. Sehingga anak menyukai, menyayangi dan memahami dengan penuh kesadaran sampai kelak mereka cendekia balig cukup akal turut membuatkan dan melestarikan budaya bangsa kita ini.

Banyak keutungan yang didapat jikalau kita menunjukkan dan mengajarkan alat musik tradisional pada anak, diantaranya:
  • Anak akan mempunyai jiwa seni estetika yang elok dari kesenian yang diajarkan
  • Anak terlatih secara motorik dalam kegiatan memainkan alat musik tersebut
  • Anak akan mengenal secara pribadi alat-alat musik tradisional yang dikembangkannya
  • Anak mempunyai sense of beauty yang baik terhadap pengembangan koordinasi gerak musikal
  • Anak terlatih mempunyai kesabaran dan toleransi terhadap orang lain
  • Anak akan terbiasa membangun dan memelihara nilai-nilai konkret yang dimiliki masyarakatnya.
Faktor terpenting bagi anak ialah memupuk minat dan motivasi anak untuk secara aktif  ikut serta dalam kegiatan dan kegiatan berguru dengan memanfaatkan daya tarik alat-alat musik tradisional ini.  Demikian bunda, semoga bermanfaat, terimakasih.
Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Mengenalkan Semenjak Dini Alat Musik Tradisional Pada Anak"

Post a Comment

wdcfawqafwef