Lomba Pengembangan Gerak Dan Lagu Anak Paud

Gerak Dan Lagu di PAUD RBS
Salah satu bidang lomba Apresiasi PTKPAUDNI Berprestasi tahun 2014 untuk pendidik PAUD yakni dengan Tema : "Kreativitas Seni Melalui Gerak dan Lagu untuk Anak Usia Dini". Dalam tema tersebut pendidik PAUD dibutuhkan sanggup melaksanakan Pengembangan Gerak dan Lagu yang menarik, efektiv dan sesuai untuk Anak Usia Dini, Gerak dan Lagu ini khususnya sanggup efektif dipakai dalam aktivitas pembelajaran di forum PAUD yang bersangkutan.

Kreativitas Seni melalui Gerak dan Lagu untuk Anak  Usia Dini ini   adalah  Karya Nyata yang telah dilakukan pendidik PAUD, berupa pengalaman  lansung  kreativitas  Pendidik  Anak  Usia  Dini  dalam mempersiapkan  materi  dan  melaksanakan  proses  pembelajaran  Seni  melalui Gerak dan Lagu.

Adapun komponen yang dilombakan terdiri dari :
  1. Kemampuan persiapan tertulis pembelajaran  kreativitas Seni melaui Gerak dan Lagu untuk Anak Usia Dini (Perencanaan Pembelajaran) 
  2. Kemampuan mengkreasi seni melalui gerak dan lagu untuk Anak Usia Dini dalam  bentuk  skenario  (berisi:  tema,  sinopsis,  langkah-langkah pembelajaran, properti/media, dll)
Naskah Karya Nyata Kreativitas Seni melalui Gerak dan Lagu untuk Anak Usia Dini menggambarkan dan berisi hal-hal sebagai berikut :
a.  Hasil pengalaman eksklusif (best practice) pendidik KB/TPA/SPS
b.  Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran
c.  Berdampak pada kualitas lulusan
d.  Praktis dipahami dan dipraktekan sesuai dengan tahap perkembangan dan usia anak.

Indikator yang Dinilai yakni berupa hal-hal sebagai berikut :

1. Teknik penulisan
a.  Tata tulis: ukuran kertas, kerapihan pengetikan, dan tata letak
b.  Penyajian: sistematika goresan pena dan penggunaan bahasa

2.   Kreativitas dan Keinovasian
a.  Orisinalitas ( lampiran bukti ):
     - keaslian karya nyata
     - modifikasi dari pengembangan
b.  Keunikan/kekhasan
c.  Kebermanfaatan 
d.  Kepraktisan (mudah dipahami dan gampang dilaksanakan)
e.  Menunjukkan keahlian penulis
f.  Memiliki bantuan peningkatan mutu pembelajaran

3.   Substansi
a.  Ketepatan dalam menetapkan masalah
b.  Ketepatan dalam menentukan taktik pemecahan masalah
c.  Kejelasan dalam mendeskripsikan hasil
d.  Kejelasan dalam mendeskripsikan dampak
e.  Kejelasan dalam mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung

4.  Pendukung
Data  tentang  proses pelaksanaan  kegiatan  dan  foto-foto  aktivitas pembelajaran yang terkait.

Demikian Penjelasan dan Uraian Lomba gerak dan Lagu Anak PAUD ini, biar bermanfaat. Terima kasih.

Sumber: Juknis Apresiasi Penghargaan PTKPAUDNI 2014


Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Lomba Pengembangan Gerak Dan Lagu Anak Paud"

Post a Comment

wdcfawqafwef