Gerak Dan Lagu di PAUD RBS |
Salah satu bidang lomba Apresiasi PTKPAUDNI Berprestasi tahun 2014 untuk pendidik PAUD yakni dengan Tema : "Kreativitas Seni Melalui Gerak dan Lagu untuk Anak Usia Dini". Dalam tema tersebut pendidik PAUD dibutuhkan sanggup melaksanakan Pengembangan Gerak dan Lagu yang menarik, efektiv dan sesuai untuk Anak Usia Dini, Gerak dan Lagu ini khususnya sanggup efektif dipakai dalam aktivitas pembelajaran di forum PAUD yang bersangkutan.
Kreativitas Seni melalui Gerak dan Lagu untuk Anak Usia Dini ini adalah Karya Nyata yang telah dilakukan pendidik PAUD, berupa pengalaman lansung kreativitas Pendidik Anak Usia Dini dalam mempersiapkan materi dan melaksanakan proses pembelajaran Seni melalui Gerak dan Lagu.
Adapun komponen yang dilombakan terdiri dari :
- Kemampuan persiapan tertulis pembelajaran kreativitas Seni melaui Gerak dan Lagu untuk Anak Usia Dini (Perencanaan Pembelajaran)
- Kemampuan mengkreasi seni melalui gerak dan lagu untuk Anak Usia Dini dalam bentuk skenario (berisi: tema, sinopsis, langkah-langkah pembelajaran, properti/media, dll)
Naskah Karya Nyata Kreativitas Seni melalui Gerak dan Lagu untuk Anak Usia Dini menggambarkan dan berisi hal-hal sebagai berikut :
a. Hasil pengalaman eksklusif (best practice) pendidik KB/TPA/SPS
b. Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran
c. Berdampak pada kualitas lulusan
d. Praktis dipahami dan dipraktekan sesuai dengan tahap perkembangan dan usia anak.
a. Hasil pengalaman eksklusif (best practice) pendidik KB/TPA/SPS
b. Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran
c. Berdampak pada kualitas lulusan
d. Praktis dipahami dan dipraktekan sesuai dengan tahap perkembangan dan usia anak.
Indikator yang Dinilai yakni berupa hal-hal sebagai berikut :
1. Teknik penulisan
a. Tata tulis: ukuran kertas, kerapihan pengetikan, dan tata letak
b. Penyajian: sistematika goresan pena dan penggunaan bahasa
2. Kreativitas dan Keinovasian
a. Orisinalitas ( lampiran bukti ):
- keaslian karya nyata
- modifikasi dari pengembangan
b. Keunikan/kekhasan
c. Kebermanfaatan
d. Kepraktisan (mudah dipahami dan gampang dilaksanakan)
e. Menunjukkan keahlian penulis
f. Memiliki bantuan peningkatan mutu pembelajaran
3. Substansi
a. Ketepatan dalam menetapkan masalah
b. Ketepatan dalam menentukan taktik pemecahan masalah
c. Kejelasan dalam mendeskripsikan hasil
d. Kejelasan dalam mendeskripsikan dampak
e. Kejelasan dalam mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung
4. Pendukung
Data tentang proses pelaksanaan kegiatan dan foto-foto aktivitas pembelajaran yang terkait.
1. Teknik penulisan
a. Tata tulis: ukuran kertas, kerapihan pengetikan, dan tata letak
b. Penyajian: sistematika goresan pena dan penggunaan bahasa
2. Kreativitas dan Keinovasian
a. Orisinalitas ( lampiran bukti ):
- keaslian karya nyata
- modifikasi dari pengembangan
b. Keunikan/kekhasan
c. Kebermanfaatan
d. Kepraktisan (mudah dipahami dan gampang dilaksanakan)
e. Menunjukkan keahlian penulis
f. Memiliki bantuan peningkatan mutu pembelajaran
3. Substansi
a. Ketepatan dalam menetapkan masalah
b. Ketepatan dalam menentukan taktik pemecahan masalah
c. Kejelasan dalam mendeskripsikan hasil
d. Kejelasan dalam mendeskripsikan dampak
e. Kejelasan dalam mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung
4. Pendukung
Data tentang proses pelaksanaan kegiatan dan foto-foto aktivitas pembelajaran yang terkait.
Demikian Penjelasan dan Uraian Lomba gerak dan Lagu Anak PAUD ini, biar bermanfaat. Terima kasih.
Sumber: Juknis Apresiasi Penghargaan PTKPAUDNI 2014
Sumber: Juknis Apresiasi Penghargaan PTKPAUDNI 2014
0 Response to "Lomba Pengembangan Gerak Dan Lagu Anak Paud"
Post a Comment