Cara Menyebarkan Emosi Yang Sehat Pada Anak

Setiap orang renta niscaya mendambakan anaknya berperilaku baik, berbudiperketi, hormat dan moral pada orang lain. Biasanya anak yang memiliki prilaku dan budiperketi yang baik ini sebab memiliki emosi yang baik pula. Emosi yang baik ini terlihat pada tingkah lagu anak yang sehat dengan perkembangan sikap yang positif sesuai dengan usia dan tumbuh kembang anak.
Salovry dan Mayer dua orang peneliti dan Ahli pendidikan Anak, mengemukakan bahwa terdapat lima cara yang sanggup dilakukan untuk membina emosi yang sehat pada anak yakni :

1. Kemampuan untuk mengenali emosi diri
Untuk membantu anak mengenali emosinya, sanggup dilakukan dengan cara mengajarkan anak untuk memahami perasaan-persaan yang dialaminya. Hal ini tentunya harus dilakukan dengan pendekatan yang lebih dekat dan intens terhadap anak yang bersangkutan.

2. Kemampuan untuk mengelola dan mengekspresikan emosi secara tepat
Anak sanggup dibiasakan untuk berpikir realistis sehingga anak sanggup menanggapi suatu tragedi dengan sikap yang tepat. Hindari mencekoki anak dengan hal-hal yang tidak realistis menyerupai mitos-mitos atau hal-hal yang berbau mistis yang tidak masuk akal. Perlu juga anak diajarkan konsep-konsep ilmiah dan sains sederhana untuk melatih mereka berpikir logis.

3. Kemampuan untuk memotivasi diri
Pengembangan kemampuan untuk memotivasi diri didorong oleh kemampuan anak dalam menuntaskan masalah. Orang renta dan guru perlu menanamkan optimisme pada anak.

4. Kemampuan untuk memahami perasaan orang lain.
Untuk berbagi keterampilan anak dalam memahami orang lain maka upaya pengembangan tenggang rasa dan kepedulian terhadap orang lain menjadi sangat penting. Anak sebaiknya mendapat pengalaman pribadi dalam kehidupan faktual untuk mencicipi perasaannya tersebut.

5. Kemampuan untuk membina kekerabatan dengan orang lain
Latihlah anak untuk bergabung dengan anak yang lain, bermain kelompok, dan melaksanakan kerjasama. Aktivitas-aktivitas permainan kelompok atau outbond sanggup dilakukan untuk membantu anak menjadi lebih peka dalam membina kekerabatan dengan orang lain ini.


Kegiatan-kegiatan tersebut di atas sanggup kita jadikan contoh dan tumpuan semoga anak lebih terdorong emosinya untuk berkembang, sampai menjadi sikap yang baik. Semoga goresan pena sederhana di atas bermanfaat untuk pendidik, ayah-bunda sekalian, terima kasih sudah berkunjung di blog Anak Paud Bermain Belajar.

Sumber: http://anakkusehatceria.blogspot.com/

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Cara Menyebarkan Emosi Yang Sehat Pada Anak"

Post a Comment

wdcfawqafwef