Mengenalkan Konsep Bilangan Pada Anak Dengan Model Make A Match

Mengenalkan bilangan pada anak disesuiakan dengan tahapan perkembangan anak. Sesuai dengan usia anak yang masih suka bermain, maka hendaknya pembelajaran matematika pada TK sanggup dilakukan dengan banyak sekali cara termasuk melalui permainan berhitung. Permainan berhitung di anak usia dini diharapkan tidak hanya berkaitan dengan kemampuan kognitif saja, tetapi juga kesiapan mental sosial dan emosional serta untuk menumbuhkan kecerdasan anak, khususnya kecerdasan logico-matematics,

Permainan berhitung merupakan bab dari matematika dibutuhkan untuk menumbuhkan keterampilan berhitung yang sangat berkhasiat bagi kehidupan sehari-hari, terutama konsep bilangan yang merupakan dasar bagi pengembangan kemampuan matematis. Dengan kata lain, permainan berhitung di anak usia dini dibutuhkan untuk berbagi pengetahuan dasar matematika labih lanjut di sekolah dasar, ibarat pengenalan konsep bilangan, lambang bilangan, warna, bentuk, ukuran, ruang dan posisi melalui bentuk alat dan acara bermain menyenangkan.

Berdasarkan pertimbangan inilah banyak orang renta menghendaki biar belum dewasa mereka segera mempunyai kemampuan berhitung, disamping membaca dan menulis. Namun demikian seringkali impian orang renta kurang sesuai dengan perkembangan anak atau menuntut anak paling mayoritas mempengaruhi ialah teknik pelaksanaan pembelajaran di sekolah, guru cenderung lebih monoton dalam menunjukkan pembelajaran. Sehingga anak cepat bosan, jenuh, tidak tertarik dan bahkan tidak peduli terhadap lingkungan sekitar.

Untuk menarik minat dan perhatian anak terhadap matematika. Maka hendaknya gaya pembelajaran yang disajikan dirancang sedemikian rupa biar efektif dan menyenangkan. Pembelajaran yang dilakukan ialah yang mengacu pada dasar pembelajaran anak mencar ilmu sambil bermain, bermain sambil belajar. Dalam acara pembelajaran pembelajaran matematika perlu diciptakan suasana yang menyenangkan dengan permainan kartu angka dari pendekatan mencar ilmu dengan model Make A Match yang memudahkan anak mencar ilmu matematika khususnya untuk anak usia dini dalam mengenal bilangan.

Model A Match atau mencari pasangan dalam bilangan, untuk anak usia dini dilakukan dengan melibatkan anak secara aktif dan menyenangkan, dimulai dengan meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep bilangan 1-10 dengan model Make A Match ini. Untuk anak sekaligus juga sanggup mendapatkan pembelajaran huruf seperti: toleransi, kerjasama, tanggung jawab, menghargai pendapat orang lain maupun kemampuan memecahkan dilema sederhana sehari-hari.

Dengan model Make A Match ini juga pembelajaran akan lebih efektif dimana anak secara eksklusif terlibat dalam acara pembelajaran yang diaplikasikan dalam suatu permainan, yaitu: memasangkan kartu angka sesuai dengan pasangannya. Hal ini sanggup dilihat dari siswa yang terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam acara pembelajaran. Karena tanpa disadari selain anak akan mulai terbiasa juga anak akan semakin tertarik mengenal konsep bilangan 1-10 dengan model Make A Match ini.

Sumber: Dirangkum dari Berbagai sumber.

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Mengenalkan Konsep Bilangan Pada Anak Dengan Model Make A Match"

Post a Comment

wdcfawqafwef