10 Jenis Agenda Parenting Untuk Paud

Dalam acara Parenting terdapat upaya pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga dengan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia dalam keluarga dan lingkungan sekitar yang berbentuk kegiatan mencar ilmu secara mandiri. Parenting sebagai proses interaksi berkelanjutan antara orang renta dan bawah umur mereka yang mencakup aktivitas-aktivitas keseharian orang renta dan anak serta dukungan keteladanan pada anak yang ditransformasikan melalui orang renta dan orang remaja di lingkungannya.

Berikut ini Jenis-jenis acara parenting yang sanggup dilaksanakan untuk lembaga-lembaga PAUD sbb:

1. Parents Gathering

Parents Gatering ialah pertemuan orang renta dengan pihak forum PAUD yang difasilitasi oleh panitia acara parenting guna membicarakan wacana program-program forum PAUD dalam hubungannya dengan bimbingan dan pengasuhan anak di keluarga dalam rangka menumbuh-kembangkan anak secara optimal. Materi dalam pertemuan sanggup banyak sekali hal tetang kebutuhan tumbuh-kembang anak, contohnya : wacana gizi dan makna, wacana kesehatan, wacana pendidikan karakter, penyakit pada anak, dan sebagainya.


2. Foundation Class

Foundation Class ialah pembelajaran bersama anak dengan orangtua di awal masuk sekolah dalam rangka orientasi dan pengenalan kegiatan sekolah. Di laksanakan pada minggu-minggu pertama bawah umur mulai masuk sekolah di tahun aliran baru.


3. Seminar

Seminar ialah kegiatan dalam rangka acara parenting, yang sanggup dilaksanakan dalam bentuk kegiatan seminar. Misalnya dengan mengudang tokoh atau praktisi PAUD yang kompeten, pakar dongeng, phisikolog, dan lain-lain.


4. Hari Konsultasi

Hari Konsultasi ialah hari dengan kegiatan pertemuan konsultasi untuk orang renta yang sanggup disediakan atau di buka oleh forum PAUD. Jumlah hari yang disediakan sesuai dengan tinggi rendahnya kasus atau jumlah orang renta yang melaksanakan konsultasi.


5. Field Trip

Field Trip ialah darmawisata, kunjungan wisata, atau kunjungan ke tempat-tempat yang menunjang kegiatan pembelajaran PAUD. Kegiatan kunjungan dilakukan bersama dengan orang tua. Misalnya kunjungan ke museum, kunjungan ke Bandar Udara, Pelabuhan, atau tempat-tempat lain yang sesuai dengan tema dalam pembelajaran.


6. Home Activities

Home Activities ialah aktifitas di rumah dibawa ke sekolah, yaitu membawa orang renta untuk menginap di sekolah, bisa dengan melaksanakan kegiatan perkemahan di lapangan apabila di sekolah tidak bisa menyediakan daerah menginap. Kegiatan yang dilaksakan ialah bimbingan bagaimana kegiatan dirumah yang baik untuk mendidik anak, dan membuat situasi yang aman untuk anak di rumah.


7. Cooking on The Spot

Cooking on The Spot ialah bawah umur mencar ilmu menyiapkan masakan, menyajikan masakan dengan bimbingan guru atau bersama dengan orang tua.


8. Bazar Day

Bazar Day ialah menyelenggarakan ekspo di forum PAUD, Anak-anak menampilkan karyanya yang dijual pada orang renta atau umum.


9. Mini Zoo

Mini Zoo ialah menyelenggarakan kebun hewan mini di sekolah, yaitu bawah umur membawa hewan kesayangannya atau hewan peliharaannya di rumah ke forum PAUD,


10. Home Education Video

Home Education Video ialah mengirimkan rekaman kegiatan pembelajaran bawah umur di forum PAUD pada orang renta dalam bentuk keping CD/DVD, supaya sanggup disaksikan dan dipelajari juga orang renta di rumah.

Kegiatan parenting ini hendaknya dilaksanakan dengan perencanaan acara yang matang. Alangkah baiknya bila acara ini disusun dan direncanakan oleh tim kepanitiaan yang juga melibatkan orang renta dan pihak sekolah sebagai pelaksana.

Demikian 10 jenis acara parenting yang sanggup dilaksanakan untuk PAUD, semoga informasi ini sanggup bermanfaat. Terimakasih.

Sumber: Disarikan dari banyak sekali sumber !!

Dari:  http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/..terimakasih sudah berkunjung..salam anak PAUD Indonesia.


Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "10 Jenis Agenda Parenting Untuk Paud"

Post a Comment

wdcfawqafwef