Pengertian Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Keluarga

Pendidikan Anak Berbasis keluarga yakni implementasi dari amanah Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional pasal 28 ayat 5 yaitu " Pendidikan anak usia dini pada jalur informal berbentuk pendidikan keluarga atau pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan. 

Berbagai penelitian yang dilakukan diberbagai negara menandakan bahwa kesinambungan dan keselarasan layanan PAUD di forum dengan pengasuhan di keluarga memberi imbas faktual bagi keberhasilan anak di sekolah dalam jangka waktu panjang. Karena itu kegiatan PAUD berbasis keluarga menguatkan tugas keluarga dan tugas forum dalam menawarkan layanan pendidikan anak usia dini yang komprehensif.

Program PAUD berbasis keluarga mendorong peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku keluarga dalam pemenuhan hak tumbuh kembang anak secara optimal. Pola, bentuk serta kontent yang dibahas sepenuhnya diadaptasi dengan kebutuhan keluarga.

Pengertian Dasar PAUD Berbasis Keluarga

PAUD berbasis keluarga yakni upaya training yang ditujukan kepada anak usia dini yang dilaksanakan oleh keluarga dengan memanfaatkan sumber-sumber yang tersedia di lingkungan keluarga.

Program Penyelenggaraan PAUD berbasis keluarga yakni kegiatan yang ditujukan kepada para orang bau tanah atau anggota keluarga lainnya dalam rangka menyelaraskan pengetahuan dan keterampilan untuk melakukan kiprahnya dalam peningkatan gizi dan kesehatan, perawatan, pengasuhan, pendidikan dan santunan di rumah sehingga anak sanggup tumbuh dan berkembang secara optimal, sesuai usia dan tahap perkembangannya.

Sumber : Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Keluarga, Tahun 2011

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Pengertian Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Keluarga"

Post a Comment

wdcfawqafwef