Media Permainan Edukatif Kreatif





1. Pengertian Media Permainan Edukatif Kreatif 

Kreatif, berarti kita harus sanggup memakai apa saja menjadi media bermain. Contohnya kotak-kotak bekas yang menpunyai bentuk kubus, segitiga, segi empat, dan lain-lain sebagai dasar untuk pengenalan bentuk. Dan sanggup juga bunyi pendidik PAUD untuk menirukan suara-suara binatang, untuk pengenalan binatang, contohnya pengenalan hewan kucing, guru/pengasuh sanggup menirukan bunyi kucing: ” Pus...me...ong.....” dll.
Permainan edukatif kreatif yaitu permainan yang dirancang untuk kepentingan pendidikan, dan mempunyai beberapa ciri, agar  sanggup dengan gampang dipakai untuk mencapai tujuan, manfaat dan menjadi majemuk bentuk, yaitu :

  • Membuat anak terlibat secara aktif
  • Sifatnya konstruktif
  • Aman
  • Mudah diakses/dikerjakan

Bermain dengan menggunkan media permainan edukatif artinya anak sanggup kreatif dengan membuat atau membangun pengetahuan, bukan hanya meniru, mencontoh atau menjiplak. Dengan media permainan edukatif anak sanggup memecahkan persoalan yang dihadapi dikala bermain.

Kegiatan media kreatif yang berkaitan dengan motorik halus, antara lain :
  • Seni gambar, yaitu menggambar bebas dan menggambar pokok
  • Seni warna / seni lukis, yaitu mencap, melukis, mengarsir, membatik, mewarnai gambar dan menggores.
  • Seni bentuk, yaitu melipat, meronce, menganyam, bekerja dengan barang bekas
  • Merobek, menempel/ mengisi pola/ kolase.
  • Merekat, menggunting, menjiplak gambar, menebalkan titik-titik, lalu membentuk plastisin.
  • Mencari jejak, mencocokkan, menjahit, menentukan kancing, menguntai, mewarnai, dan menjahit bentuk.

Kegiatan media kreatif memerlukan pengarahan pendidik pendidikan anak usia dini (PAUD) semoga bawah umur di dalam acara bermain lebih terarah dan bermakna.
Bahan untuk acara media kratif sangat gampang didapat dan gampang dibentuk sehingga pendidik pendidikan anak usia dini (PAUD) sanggup melaksanakan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak. Yang penting, pendidik PAUD (pendidikan anak usia dini) harus sanggup merangsang kretivitas anak, terlebih dengan media edukatif kreatif.

2. Media Permainan Edukatif Kreatif Dari Lingkungan Alam Sekitar 

Media edukatif kreatif bersumber lingkungan alam sekitar yaitu segala sesuatu yang sanggup dipakai sebagai sarana atau alat permainan yang mengandung nilai pendidikan dan sanggup menyebarkan seluruh aspek kemampuan anak, yang berasal dari lingkungan alam sekitar.
 
Media edukatif kreatif bersumber lingkungan alam sekitar merupakan media yang memanfaatkan sumber daya yang ada dilingkungan sekitar dimana anak berada / bermain. Baik yang berupa materi atau benda yang sudah siap pakai dipakai menjadi media permainan edukatif, maupun yang harus di buat gres atau dimodifikasi / dilengkapi.
Memodifikasi, yaitu melengkapi bahan/alat yang sudah ada menjadi bentuk  media permainan edukatif yang baru.
Media permainan edukatif kreatif berfungsi sebgai sumber  pengetahuan, keterampilan yang gres bagi anak, sekaligus sebagai medium pengembangan nalar dan kreatifitas anak, menyerupai ; berfikir, menganalisa, memecahkan persoalan sendiri, serta berbuat secara sistematik dan logik.

Tujuan media permainan edukatif kreatif adalah: 
  1. untuk memperlihatkan motivasi dan merangsang anak untuk melaksanakan eksplorasi dan bereksperimen dalam peletakan dasar kearah pertumbuhan dan menyebarkan fisik, bahasa, daya fikir, kreativitas, dan sosial emosional.
  2. Pendidikan intinya merupakan proses berguru di dalam diri anak. Oleh alasannya yaitu itu orang tua, pendidik PAUD dan penyelenggara Lembaga PAUD, harus memberi kesempatan kepada anak untuk belajar.
  3. Belajar sanggup terjadi dan berlangsung di segala tempat.Belajar tidak hanya di ruang kelas akan tetapi sanggup dilakukan di   ruang selain kelas contohnya di halaman, di bawah pohon yang rindang, di ruang tamu bahkan di garasi. Dengan demikian secara eksklusif anak sanggup melihat, mengamati, dan menyentuh benda-benda di sekitarnya.
  4. Pendidikan merupakan proses sosialisasi dan sanggup melaksanakan kolaborasi antar teman yang saling melengkapi alasannya yaitu insan yaitu makhluk sosial.
  5. Tidak ada insan yang sanggup melaksanakan semua hal sendiri alasannya yaitu secara individual mempunyai kelebihan yang sanggup memperlihatkan nilai tambah bagi orang lain dan sisi lain juga mempunyai kekurangan yang membutuhkan orang lain.

Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut pendidik PAUD harus memahami dan mengetahui potensi apa yang dimiliki oleh setiap anak, alasannya yaitu masing-masing anak sudah dikarunia dengan talenta atau keterampilan bawaan yang harus distimulasi alasannya yaitu masa perkembangan yaitu masa yang menentukan untuk pendidikan selanjutnya.


Persyaratan Alat Permainan Edukatif Kreatif
  1. Mengandung nilai pendidikanAman atau tidak berbahaya bagi anak
  2. Menarik dilihat dari warna dan bentuknya
  3. Sesuai dengan minat dan taraf perkembangan anak
  4. Sederhana, murah dan gampang diperoleh
  5. Awet, tidak gampang rusak dan gampang pemeliharaannya
  6. Ukuran dan bentuknya sesuai dengan usia anak
  7. Berfungsi menyebarkan kemampuan anak.
Baca Juga : Contoh permainan edukatif Kreatif



Sumber : Tim Penyusun Bahan Penataran Pendidik PAUD
DIREKTORAT JENDERAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DIREKTORAT PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PENDIDIKAN NON FORMAL TAHUN 2009

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Media Permainan Edukatif Kreatif"

Post a Comment

wdcfawqafwef