PAUD-AnakBermainBelajar---Pendidikan anak usia dini (PAUD) yaitu suatu perjuangan sadar serta bersiklus yang dilakukan kepada anak dalam usia 0-6 tahun dengan dukungan rangsangan pendidikan untuk membantu setiap tumbuh kembangnya baik jasmani maupun rohani, yang meliputi aspek Afektif, Kognitif dan psikomotorik, untuk mempersiapkan kesiapan mereka untuk menuju kejenjang kedewasaan dan menempuh pendidikan lebih lanjut.
Dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional, pada Pasal 1 butir 14 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diartikan sebagai :
"Suatu upaya training yang ditujukan kepada anak semenjak lahir hingga dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui dukungan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani semoga anak mempunyai kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut".
Mengingat pendidikan yang diberikan pada usia dini, pendidikan tersebut meletakkan suatu dasar pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan sikap serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.
Tujuan suatu pendidikan merupakan suatu upaya atau perencanaan yang dilakukan yang mengakibatkan suatu kode serta pemikiran dalam pelaksanaan pendidikan untuk menghasilakn generasi muda yang berkualitas. Sehingga pada pendidikan anak usia dini pun memuat tujuan-tujuan yang berupa :
Tujuan utama yaitu tujuan pendidikan untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga mempunyai kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa.
Tujuan pendidikan untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan berguru (akademik) di sekolah.
Dalam pelaksanaan pendidikan anak usia dini di Indonesia, sesuai dengan amanat Undang-undang khususnya Dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional, tentu saja perlu diperhatikannya prinsip-prinsip penting dari pendidikan anak pada usia dini semoga tujuan serta planning yang telah ditetapkan sanggup berjalan dengan lancar.
Dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional, pada Pasal 1 butir 14 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diartikan sebagai :
"Suatu upaya training yang ditujukan kepada anak semenjak lahir hingga dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui dukungan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani semoga anak mempunyai kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut".
Mengingat pendidikan yang diberikan pada usia dini, pendidikan tersebut meletakkan suatu dasar pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan sikap serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.
Tujuan suatu pendidikan merupakan suatu upaya atau perencanaan yang dilakukan yang mengakibatkan suatu kode serta pemikiran dalam pelaksanaan pendidikan untuk menghasilakn generasi muda yang berkualitas. Sehingga pada pendidikan anak usia dini pun memuat tujuan-tujuan yang berupa :
Tujuan utama yaitu tujuan pendidikan untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga mempunyai kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa.
Tujuan pendidikan untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan berguru (akademik) di sekolah.
Dalam pelaksanaan pendidikan anak usia dini di Indonesia, sesuai dengan amanat Undang-undang khususnya Dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional, tentu saja perlu diperhatikannya prinsip-prinsip penting dari pendidikan anak pada usia dini semoga tujuan serta planning yang telah ditetapkan sanggup berjalan dengan lancar.
Adapun Prinsip Pendidikan Anak Usia Dini yaitu sebagai berikut:
- Berorientasi pada kebutuhan anak
- Kegiatan Pengembangan dilakukan melalui bermain
- Merangsang munculnya kreativitas dan pemikiran yang inovatif
- Menyediakan lingkungan yang mendukung proses pengembangan
- Mengembangkan kecakapan hidup anak
- Menggunakan banyak sekali sumber dan media pengembangan yang ada di lingkungan sekitar anak
- Dilaksanakan secara sedikit demi sedikit dengan mengacu pada prinsip perkembangan anak
- Rangsangan pendidikan meliputi semua aspek perkembangan.
Demikianlah wacana prinsip pendidikan anak Usia dini di Indonesia, sesuai dengan amanat undang-udang. Semoga bermanfaat. terimakasih
0 Response to "Inilah Prinsip Pendidikan Anak Usia Dini Di Indonesia !!"
Post a Comment