Cara Pengelolaan Kelas Berdasarkan Kurikulum 2013 Paud

PAUD-AnakBermainBelajar---Bunda, pengelola dan pendidik di lembaga-lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus menyadari bahwa pengelolaan kelas merupakan salah satu hal terpenting dalam proses aktivitas di Lembaga PAUD kita, kelancaran proses pembelajaran juga sangat tergantung pada kondisi dan pengelolaan kelas yang dilakukan. Berikut ini ringkasan wacana cara atau prinsip-prinsip dalam pengelolaan kelas berdasarkan kurikulum 2013 PAUD yang harus kita perhatikan:
http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.co.id/
Pengertian pengelolaan Kelas:

Pengelolaan kelas yaitu Serangkaian langkah aktivitas pengelolaan kelas biar proses pembelajaran berlangsung efektif dan efesien.

Prinsip-prinsip Penataan Kelas:
  1. Aman
  2. Nyaman
  3. Ruang bereksplorasi
  4. berinteraksi dengan  lingkungannya
  5. Sesuai dengan tahapan perkembangan anak
  6. Memperhatikan karakteristik anak, kemampuan anak,latar belakang keluarga, lingkungan bermain dan budaya setempat.
  7. Mendukung aktivitas main sendiri, kelompok kecil, dan kelompok besar
  8. Mengembangkan kemandirian.
  9. Mengembangkan dogma diri anak.
  10. Mendukung pengembangan semua aspek perkembangan
http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.co.id/
 harus menyadari bahwa pengelolaan kelas merupakan salah satu hal terpenting dalam proses  CARA PENGELOLAAN KELAS MENURUT KURIKULUM 2013 PAUD
 harus menyadari bahwa pengelolaan kelas merupakan salah satu hal terpenting dalam proses  CARA PENGELOLAAN KELAS MENURUT KURIKULUM 2013 PAUD
Lihat juga Contoh Penataan Ruang Kelas yang Baik Berikut ini !!

Cara menata alat bermain yang baik:

Dalam kurikulum 2013 PAUD cara menata alat bermain untuk pengelolaan kelas sangat penting diperhatikan mengingat penataan alat bermain yang tidak sesuai sanggup menghambat aktivitas dan proses pembelajaran yang dilakukan. Penataan alat bermain juga harus memperhatikan kondisi dan keadaan sekolah dan kelas yang bersangkutan. Dalam menata alat bermain ini, Hal-hal penting yang harus diperhatikan dan diubahsuaikan dengan Sudut, Area, Sentra, Kelompok dengan Kegiatan Pengamanan. Berikut ini beberapa prinsip dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam menata alat bermain menyantara lain :

Penataan alat bermain membangun:
  1. Kemandirian
  2. Kerapihan
  3. Keaksaraan
  4. Klasifikasi
  5. Matematika
  6. Sosial
  7. Bahasa
  8. Seni
  9. dll.
http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.co.id/
Hal yang harus diperhatikan dengan ruang luar:

Penataan Halaman:
  1. Luas area bermain. Standard internasional menetapkan 7m2 per anak
  2. Ruang bermain outdoor dipastikan tidak terdapat hewan yang menyengat
  3. Bak pasir harus ditutup kalau tidak digunakan, dan dipastikan dalam kondisi kering biar tidak menjadi kawasan berkembang biak hewan kecil.
  4. Area berair ditempatkan di luar, akrab dengan sumber air, lantai yang tdk licin, sanitasi terjaga baik biar air tidak menggenang.

 harus menyadari bahwa pengelolaan kelas merupakan salah satu hal terpenting dalam proses  CARA PENGELOLAAN KELAS MENURUT KURIKULUM 2013 PAUD
 
Mainan di Luar Ruangan:
  1. Bebas dari materi yang berbahaya
  2. Penataan sarana cukup luas bagi anak bergerak bebas, tidak perlu berdesakan.
  3. Ketinggian mainan sebaiknya tidak lebih dari 1.5 meter dan tingkat kemiringannya sekitar 40o
  4. Dasar seluncuran cukup lembut
  5. Dipastikan tidak gampang patah atau putus
  6. Dikontrol dan diperbaiki secara regular, Sebaiknya tidak terkena eksklusif terik matahari.
  7. Seluncuran, ayunan, jungkitan dan sarana bermain outdoor dalam kondisi baik dan catnya tidak mengandung toxic
  8. Jika materi memakai kayu, dipastikan permukaan kayu licin untuk mencegah anak tertusuk serpihannya.

 harus menyadari bahwa pengelolaan kelas merupakan salah satu hal terpenting dalam proses  CARA PENGELOLAAN KELAS MENURUT KURIKULUM 2013 PAUD

Pagar atau pembatas:
  1. Pagar pembatas area outdoor dengan kawasan umum di luar forum dibutuhkan untuk memastikan bahwa belum dewasa tidak bisa terdorong ke dalam situasi berbahaya.
  2. Desain dan ketinggian pagar harus sedemikian rupa untuk mencegah anak sanggup keluar dengan cara merangkak di bawah
  3. Mekanisme penguncian harus disediakan untuk mengatasi potensi berbahaya saat gerbang tidak ditutup.
  4. Pagar sanggup menjadi pusat berkebun anak.
http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.co.id/
  harus menyadari bahwa pengelolaan kelas merupakan salah satu hal terpenting dalam proses  CARA PENGELOLAAN KELAS MENURUT KURIKULUM 2013 PAUD

Toilet:
  1. Toilet anak terpisah dengan toilet dewasa. Untuk toilet anak tidak memerlukan slot kunci. Pintu toilet anak cukup setengah badan. Ruangan toilet akrab dengan aktivitas anak, biar gampang terawasi oleh guru.
  2. Tersedia sarana pembersih (sabun cair) dan pengering  tangan (tissue) untuk membiasakan kebiasaan pola hidup higienis dan sehat
  3. Pencahayaan ruang toilet cukup baik dengan sirkulasi udara yang baik pula biar tidak gampang tumbuh jamur dan bau.
Demikianlah bunda wacana cara atau prinsip prinsip dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam menata alat bermain berdasarkan kurikulum 2013 PAUD, semoga ringkasan materi pengelolaan kelas ini sanggup bermanfaat khususnya bagi bunda, guru-pendidika PAUD dan mahasiswa bimbingan saya yang masih ingin mendalami materi pengelolaan kelas ini. Terimakasih.
http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.co.id/

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Cara Pengelolaan Kelas Berdasarkan Kurikulum 2013 Paud"

Post a Comment

wdcfawqafwef