Siapa orang renta yang tidak ingin mempunyai anak yang pandai dan kreativ, semua orang renta niscaya ingin anaknya menjadi pandai dan kreativ, alasannya ialah anak yang kreativ sanggup membantu kemampuan anak untuk tumbuh dan berkembang baik segi kognitif, afektiv dan motorik sesuai dengan tahapan perkembangan anak.
Secara umum pengertian Kretivitas ialah suatu karunia dari yang maha pencipta pada makhluk arif yang namanya manusia. Berbagai inspirasi kreatif akan mucul manakala insan mulai memakai nalar budinya untuk memenuhi aneka macam kebutuhan dan hasrat dalam hidupnya, sehingga insan yang kreatif tidak pernah berhenti berpikir dan berpikir, selalu saja ada ide-ide yang lahir dari benak setiap kali melihat, mendengar atau mencicipi sesuatu yang mereka alami.
- Menurut Santrock, kreativitas ialah kemampuan untuk memikirkan sesuatu dengan cara-cara yang gres dan tidak biasa serta melahirkan suatu solusi yang unik terhadap masalah-masalah yang dihadapi.
- Mayesty menyatakan bahwa kreativitas : cara perpikir dan bertindak atau membuat sesuatu yang original dan bernilai atau mempunyai kegunaan bagi diri sendiri dan orang lain.
- Angelou beropini bahwa kreativitas ditandai dengan adanya kemampuan untuk menciptakan, mengadakan, menemukan suatu bentuk gres atau ntuk menghasilkan sesuatu melalui keterampilan imajinatif.
- Munandar yang mengutif pada Gallagher menyatakan bahwa kreativitas bekerjasama dengan kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang belum ada sebelumnya.
- Moustakes menyatakan bahwa kreativitas bekerjasama dengan pengalaman mengekspresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk terpadu dalam korelasi dengan diri sendiri dengan alam dan orang lain
- Semiawan dalam Munandar beropini bahwa kreativitas merupakan kemampuan dalam pemecahan duduk masalah kreativitas kemampuan untuk memikirkan sesuatu dengan cara-cara yang baru dan tidak biasa serta melahirkan suatu solusi yang unik terhadap masalah-masalah yang dihadapi.
Karakteristik dari suatu bentuk kreativitas tampak dalam proses berpikir ketika seseorang memecahkan duduk masalah yang bekerjasama dengan :
a.Kelancaran (fluency)
berupa kemampuan dalam memperlihatkan tanggapan / mengemukakan pendapat atau ide-ide.
b.Kelenturan (flexiblity)
berupa kemampuan untuk mengemukakan aneka macam alternatif dalam memecahkan masalah.
c.Keaslian (originality)
berupa kemampuan untuk menghasilkan aneka macam inspirasi atau hasil karya ajaran sendiri.
d.Memperinci (Elaborasi)
berupa kemampuan untuk memperluas inspirasi dan aspek-aspek yang mungkin tidak terpikirkan atau terlihat orang lain.
Kreativitas mempunyai ciri-ciri non aptitude ibarat rasa ingin tahu, bahagia mengajukan pertanyaan bersifat imajinatif tertantang atau berani mengambil resiko, perilaku menghargai, percaya diri, terbuka dan selalu ingin mencari pengalaman-pengalaman baru, kreativitas bekerjasama dengan proses berpikir yang dilakukan oleh seseorang berkemampuan berpikir menyebar (divergent thinking) bukan menyempit (Convergent Thingking).
Mayesty mengemukakan 8 cara untuk membantu anak dalam mengekspresikan kreativitas yaitu :
1.Membantu anak mendapatkan perubahan
2.Membantu menyadari bahwa beberapa duduk masalah tidak gampang dipecahkan
3.Membantu untuk mengenali aneka macam duduk masalah mempunyai solusi
4.Membantu menafsirkan dan mendapatkan perasaannya.
5.Memberi perhargaan
6.Menghargai perbedaan dalam dirinya
7.Memberikan rasa nyaman dalam melaksanakan acara kreativ, dan
8.Membantu membangun ketekunan dalam dirinya.
Rhodes dalam Munandar menjelaskan bahwa pengembangan kreativitas pada diri seseorang sanggup dilakukan melalui pendekatan 4 P yaitu Person (pribadi) merupakan tindakan kreatif muncul dari seluruh keunikan kepribadian, process (proses); merupakan langkah-langkah kreatif dimulai dari tahap persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi, Press (dorongan) serta Product (hasil akhir).
Sumber : https://nurfarizahslife.blogspot.com//search?q=cara-mengembangkan-kreativitas-pada-anak
0 Response to "Cara Membuatkan Kreativitas Pada Anak Berdasarkan Teori"
Post a Comment