Mengenal Pendidikan Anak Usia Dini - Paud Inklusi

 Direktorat pelatihan PAUD Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Inf MENGENAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - PAUD INKLUSI
Bunda--sekalian-- Direktorat pelatihan PAUD Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal, telah mengembangkan aktivitas dan kegiatan Khusus menyerupai Bantuan untuk Pendidikan Anak Usia Dini Inklusi. Bantuan untuk PAUD inklusi ini bertujuan untuk meningkatkan saluran layanan PAUD bagi belum dewasa berkebutuhan khusus. Ini dibutuhkan juga sanggup mendorong lembaga PAUD untuk siap memperlihatkan layanan pendidikan yang layak bagi semua anak, termasuk anak yang berkebutuhan khusus.

Sasaran aktivitas ini yaitu forum PAUD yang melayani belum dewasa luar biasa baik dalam aktivitas PAUD Inklusi maupun Taman Kanak-kanak luar biasa yang mana lembaga-lembaga PAUD ini menjadi binaan Dinas Pendidikan Provinsi.

Apakah PAUD Inklusi itu ?

Inklusi atau inklusif berasal dari kata "Include" yang artinya ikut serta atau terlibat-melibatkan, inklusif yaitu lawan kata dari eksklusif. Eksklusif mempunyai makna tertutup sedangkan inklusif artinya terbuka, dari arti kata ini sanggup kita asumsikan bahwa PAUD Inklusi ini harus terbuka untuk anak usia dini siapa saja, baik anak dengan kondisi tumbuh kembang normal maupun anak berkebutuhan khusus. Baik anak dari tingkat ekonomi (kaya) atas maupun anak golongan tingkat bawah (miskin). Baik dari keluarga serasi maupun dari keluarga yang tidak bahagia. Semua anak sanggup bergabung dalam satu forum tanpa dibeda-bedakan dalam kegiatan Program PAUD ini.

Ada beberapa pengertian dan definisi dari para hebat ihwal pendidikan inklusi ini, pengertian yang terdekat dengan Pendidikan Anak Usia Dini dan Inklusi, menyerupai di bawah ini :

Pendidikan Inklusi yaitu layanan pendidikan yang semaksimal mungkin mengakomodasi semua anak termasuk anak yang mempunyai kebutuhan khusus atau anak luar biasa di sekolah atau forum pendidikan (diutamakan yang terdekat dengan daerah tinggal anak) bersama dengan teman-teman sebayanya dengan memperhatikan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki oleh anak.(Tim Pendidikan Inklusi Jawa Barat, 2003:4)

Pendapat lain menyampaikan Pendidikan Inklusi yaitu pendidikan yang memperlihatkan layanan kepada setiap anak tanpa terkecuali. Pendidikan yang memperlihatkan layanan terhadap semua anak tanpa memandang kondisi fisik, mental, intelektual, sosial, emosi, ekonomi, jenis kelamin, suku, budaya, daerah tinggal, bahasa dan sebagainya. Semua anak berguru bersama-sama, baik di kelas/ sekolah formal maupun nonformal yang berada di daerah tinggalnya yang diubahsuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing anak. (Pendidikan yang Terbuka Bagi Semua, Djuang Sunanto, 2004:3)

Jadi Dapat disimpulkan bahwa pendidikan inklusi adalah:
  1. Pendidikan yang mengakomodasi semua anak tanpa memandang kondisi fisik, intelektual, emosional, sosial maupun kondisi lainnya.
  2. Pendidikan yang memungkinkan semua anak berguru bahu-membahu tanpa memandang perbedaan yang ada pada mereka.
  3. Pendidikan yang berupaya memenuhi kebutuhan anak sesuai dengan kemampuannya.
  4. Pendidikan yang sanggup mengembangkan kecerdasan emosional dengan berkembangnya rasa   tenggang rasa dan solidaritas.
  5. Pendidikan yang memperlihatkan anak kesempatan berguru secara langsung, nyata, serta objektif mengenai banyak sekali karakteristik sahabat sebaya.
  6. Pendidikan yang memandang setiap individu anak yaitu unik dengan ciri karakteristik yang khas dan kemampuan yang berbeda-beda
  7. Pendidikan yang dilaksanakan tidak hanya di sekolah formal, tetapi juga di forum pendidikan dan daerah lainnya.

Demikian bunda sekalian, sekilas ihwal PAUD Inklusi supaya bermanfaat, kalau ada materi dan warta lain ihwal PAUD Inklusi mohon di share di sini ya untuk kita saling membuatkan ilmu pengetahuan, demi suksesnya aktivitas PAUD kita, di Indonesia.. terimakasih....Wassalam... http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/



Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Mengenal Pendidikan Anak Usia Dini - Paud Inklusi"

Post a Comment

wdcfawqafwef