10 Tips Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Tk

Para mahir yang mendalami bidang kecerdasan emosional  10 TIPS UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK TK
Bakti Sosial Panti Jompo PAUD RBS
Para mahir yang mendalami bidang kecerdasan emosional (Emotional intelligence), meyakini bahwa keberhasilan dan kesuksesan seseorang dalam banyak sekali bidang kehidupan sangat dipengaruhi oleh kecerdasan emosional. Bahkan ada yang beropini 75% sukses seseorang ditentukan oleh kecerdasan emosional seseorang itu. Karena itu di Taman Kanak-kanak (Taman Kanak-kanak), guru perlu menggembangkan kemampuan emosi atau yang kini umum di sebut kecerdasan emosional (Emotional intelligence). Kecerdasan emosional ini merupakan kemampuan emosi yang sangat tinggi dan cerdas sehingga seseorang bisa berbuat sesuatu dengan sempurna dan berhasil kalau didukung kecerdasan ini.

Ada beberapa Hal penting yang perlu diperhatikan dan diharapkan anak dalam upaya pengembangan emosi yang sehat sebagai mana yang dikembangkan dari pandangan Seorang mahir Pendidikan anak Reynolds di antaranya yaitu berikut:

  1. Anak Taman Kanak-kanak harus mendapatkan rasa cinta dan kasih sayang dari orang tuanya, keluarga, guru-guru dan teman-temannya.
  2. Anak Taman Kanak-kanak harus mempunyai perasaan diinginkan dan mempunyai kawasan dalam keluarga, sekolah, dan lingkungannya. anak harus menyadari eksistensinya sangat penting bagi orang disekitarnya.
  3. Anak Taman Kanak-kanak perlu memperoleh kesempatan untuk mencicipi rasa berprestasi dan rasa puas terhadap hal-hal/pekerjaan yang dilakukannya.
  4. Anak Taman Kanak-kanak juga perlu memperoleh kesempatan untuk berdikari dan menciptakan keputusan sendiri, dengan kesempatan untuk mencoba lagi bila ia gagal
  5. Seorang Anak Taman Kanak-kanak harus mempunyai rasa kondusif dalam menjalin hubungan dengan orang lain, sebab itu faktor kedekatan dengan orang yang sanggup mendapatkan amanah menjadi sangat penting.
  6. Seorang Anak Taman Kanak-kanak harus pula mempunyai iman pada dirinya dan membangun kesadaran akan kebaikan-kebaikan yang ada pada dirinya.
  7. Anak Taman Kanak-kanak harus diperlakukan sebagai seseorang, tidak sebagai penggalan dari keluarga atau kelompok, tetapi sebagai seseorang yang mempunyai identitas.
  8. Anak Taman Kanak-kanak harus diberikan pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan rentang usia yang mereka miliki.
  9. Anak Taman Kanak-kanak harus diajarkan menyayangi sesama dengan memperlihatkan pola dan model yang sanggup mereka pahami dalam kehidupan sehari-hari.
  10. Anak Taman Kanak-kanak harus diberikan penghargaan dan rangsangan emosional yang baik atas hasil kasatmata dari apa yang mereka karyakan. 
Demikian beberapa tips cara mendukung dan membuatkan kecerdasan emosional anak TK, biar bermanfaat untuk  bunda guru pendidik TK, orang bau tanah ayah dan bunda, terimakasih.

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "10 Tips Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Tk"

Post a Comment

wdcfawqafwef