Pengembangan Tema Dan Sub Tema Pada Kurikulum Paud

Cara dan teknik pengembangan Tema dalam PAUD

Dalam Pembuatan RKH atau RPP dari contoh kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Di perlukan sebuah pengembangan tema. Banyak pertanyaan dari para Pendidik dan mahasiswa PAUD perihal Bagaimana bersama-sama pengembangan tema itu?. Pada pada dasarnya Sebuah tema sanggup dikembangkan menjadi sub tema, sub-sub tema, pokok bahasan, dan seterusnya. Jika pertanyaannya seberapa luas sebuah tema dikembangkan? Jawabannya tergantung seberapa luas pendidik sanggup memfasilitasi pengembangan tema untuk member pengalaman gres pada anak. Kemampuan dan ketersedian sumber daya di forum PAUD sendiri perlu juga dijadikan pertimbangan untuk menyebarkan tema yang cocok untuk kita gunakan. Nah berikut ini contoh tema dan sub tema yang sanggup dikembangkan di forum PAUD

A. Apa saja yang sanggup dijadikan tema

   Lembaga sanggup menyebarkan tema sesuai dengan kebutuhan, situasi dan kondisi. Dalam buku panduan guru telah diberikan contoh tema yang mempunyai beberapa sub-sub tema. berikut ini merupakan salah satu contoh yang sanggup dipakai sebagai contoh untuk menyebarkan tema, yakni :


1. DIRI SENDIRI 

a. Aku

Contoh pokok bahasan sub tema "Aku" ;
Senin: "Mengenal identitas diri" (nama, usia, jenis kelamin, nama ayah, nama ibu,, alamat rumah)
Selasa: "Mengetahui anggota tubuh" (Kepala, tangan, kaki, dll)
Rabu: " Ciri-ciri diriku" (warna kulit, jenis rambut keriting/lurus, hidung mancung/pesek, bentuk tubuh besar/kecil, dll)
Kamis: "Fungsi anggota tubuh" (tangan untuk memegang, kaki untuk berjalan, lisan untu berbicara)
Jumat: "Merawat anggota tubuh" (mencuci tangan, menggosok gigi, mandi dll)
Sabtu: "Praktek merawat anggota tubuh" (menggosok gigi, mencuci tangan, dll)

b. Panca Indra

Contoh pokok bahasan sub tema "Panca Indra";
Senin: "5 panca indra dan fungsinya" (mata, telinga, hidung, kulit, dan lidah. Fungsi; mata untuk melihat, indera pendengaran untuk mendengar, kulit untuk meraba/merasakan agresif halus, hidung untuk mencium aroma, pengecap untuk mengecap rasa.
Selasa: "Mata/indra penglihatan" (mengetahui jelas dan gelap)
Rabu: "Telinga/Indra pendengar" (bersuara/tidak bersuara, bunyi nyaring/suara lembut)
Kamis: "Hidung/indra penciuman" (wangi/bau tidak sedap, dll)
Jumat: "Kulit/indra peraba" ( mencicipi kasar, halus, tajam, panas, dingin)
Sabtu: Lidah/indra perasa" (mengetahui macam-macam rasa yakni manis, asam, asin, pedas, pahit, hambar, rasa strowberry, rasa vanila, rasa coklat, dll)

c. Kesukaanku

Contoh pokok bahasan sub tema "Kesukaanku" ;
Senin: Makanan yang disukai
Selasa: Minuman yang disukai
Rabu: Warna yang disukai
Kamis: Permainan yang disukai
Jumat: Kegiatan yang disukai (memancing, berenang, bersepeda, dll)
Sabtu: Tempat rumah makan atau resto yang disukai.


2. LINGKUNGANKU  

a. Lingkungan Keluarga

contoh pokok bahasan sub tema "Keluargaku";
Senin: "Mengenal anggota keluarga" (ayah/ibu, kakak/adik, kakek/nenek, paman/bibi, keponakan)
Selasa: "Mengetahui pekerjaan anggota keluarga" (pekerjaan ayah/ibu)
Rabu: "Tugas anggota keluarga" (ayah bekerja, ibu menjadi ibu rumah tangga membereskan rumah dan mengurus anak)
Kamis: "Tata tertib dalam keluarga" (berpamitan jikalau ingin bermain diluar, mengetuk pintu sebelum masuk ruangan, pulang bermain sempurna waktu dll)
Jumat: Binatang peliharaan keluarga di rumah
Sabtu: "Kebiasaan dalam keluarga"Setiap pagi selalu sarapan pagi, sehabis makan mencuci piring, dll)

b. Lingkungan Rumah 

contoh pokok bahasan sub tema "Lingkungan Rumah"; 
Senin: "Kegunaan rumah" (sebagai daerah tinggal, daerah derma dari panas dan hujan)
Selasa: "Jenis rumah" (rumah ibadah; Gereja, masjid, pura, wihara). (Rumah adat; betang, joglo, limasan). (Rumah daerah berobat; rumah sakit, puskesmas, poloklinik, rumah bersalin). (rumah binatang peliharaan; Kandang dll)
Rabu: "Mengetahui alamat rumah sendiri"
Kamis: "Bagian-bagian rumah" (pintu, jendela, atap, ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dapur, kamar mandi/wc, halaman rumah)
Jumat: "Lingkungan rumah" (warung/toko sekitar rumah, tetangga sekitar rumah)
Sabtu: "Halaman rumah" (halaman mempunyai pagar, terdapat bak di halaman, terdapat taman bunga)

c. Lingkungan Sekolah

contoh pokok bahasan sub tema "Lingkungan Sekolah"; 
Senin: "Fungsi Sekolah/PAUD" (sebagai daerah belajar, sebagai bermain dan melatih bersosialisai, dll)
Selasa: "Bagian-bagian Sekolah" (kantor sekolah, ruang kelas, ruang guru, ruang TU, ruang UKS, ruang bermain, ruang perpustakaan, ruang pusat balok, ruang pusat sains, wc, ruang dapur, gudang sekolah, dll)
Rabu: "Anggota Sekolah" (kepala sekolah, guru, tata usaha, murid,  tukang kebun/penjaga kebersihan jikalau ada, dll)
Jumat: "Lingkungan sekolah" (misal sekolah berdekatan dengan sekolah lain menyerupai SD, SMP, kantor kelurahan, puskesmas, dll)
Sabtu: "Tata tertib sekolah" (belajar, bermain, istirahat makan minum pada jam yang ditentukan, tiba ke sekolah sempurna waktu)

d. Lingkungan Alam

"Kotaku"
"Desaku"
"Gunung"
"Bukit"
"Lingkungan nelayan/pesisir pantai" dll.

e. Lingkungan Sosial

"Tetanggaku"
"Teman bermain"
"Gotong royong bersama"
"Pos hansip" .


3. KEBUTUHANKU

a. "Kebutuhan akan kesehatan" (obat-obatan, rumah sakit, puskesmas, dll)
b. "Kebutuhan akan makanan/minuman" (peralatan memasak; peralatan makan/minum)
c. "Kebutuhan akan kebersihan" (Peralatan kebersihan; sapu, serok, daerah sampah, sikat wc, dll, peralatan mandi; gayung, sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, dll)
d. "Kebutuhan akan keamanan" (polisi, satpam, pos hansip, dll)
e. "Kebutuhan pendidikan" (peralatan belajar; peralatan sekolah; buku, pensil, penghapus, alat bermain)
 
4. BINATANG

a. Binatang yang hidup di air (ikan lele, ikan mas, dll)
b. Binatang yang hidup di maritim (lumba-lumba, cumi-cumi, dll)
c. Binatang yang hidup di udara (burung pipit, kekelawar, dll)
d. Binatang yang bertelor (ayam, itik)
e. Binatang yang beranak(kucing, anjing)
f. Binatang omnivora, herbivora, karnivora.
g. Binatang peliharaan (kucing, anjing, dll)
h. Binatang buas (macan, singa, buaya, dll)
i. binatang ternak (sapi, kambing, ayam, domba, bebel, dll)
  

5. TANAMAN

a. Buah-buahan
b. Sayur-sayuran
c. Tanaman hias
d. Tanaman apotik hidup/bisa dijadikan obat

6. REKREASI

a. Bercerita perihal daerah berlibur atau berekreasi (bukit tangkiling, ujung pandaran, dll)


7. PEKERJAAN

a. Pekerjaan ayah/ibu, pekerjaan kakek/nenek
b. macam-macam pekerjaan (dokter, perawat, guru, polisi, petani, peternak dll)
 

8. AIR / UDARA / API

a. Manfaat air
b. Manfaat udara
c. Manfaat api
d. Bahaya air
e. Bahaya udara terkotori (jika menghirup gas beracun, menghirup polusi udara)
f. Bahaya api


9. ALAT KOMUNIKASI

a. telepon, pos surat, dll


10. ALAT TRANSPORTASI

a. Kendaraan roda dua
b. Kendaraan roda tiga
d. Kendaraan roda empat  

11. TANAH AIRKU

a. Lambang negara
b. Bendera negara
c. Lagu kebangsaan
d. Pahlawan nasional
e. Lagu nasional
 
12. ALAM SEMESTA

a. Matahari, bulan, bintang, bumi (manfaat matahari bagi insan dll)
b. Gejala alam (terjadinya banjir, gunung meletus, gempa bumi, tanah longsor)
c. Terjadinya siang dan malam
d. Terjadinya pelangi.

 
13. BUDAYA

a. Pakaianku (pakaian sopan santun dayak, pakaian sopan santun batak, pakaian sopan santun jawa, dll)
b. Makanan (masakan khas indonesia, kuliner khas negara lain, dll)
c. Tari-tarian (tarian khas dayak, tarian khas bali, tarian khas jawa)
d. Permainan tradisional (permainan tradisional khas kalimantan, tarian tradisional khas jawa, dll)
e. Sopan santun.


14. HARI BESAR AGAMA 

a. Natal
b. Idul Fitri
c. Idul Adha
d. Nyepi
e. Waisak, dll

secara ringkas tema-tema tersebut dikembangkan menurut tema-tema pokok berikut ini;

Atau ringkasan berikut ini;


Berdasarkan pembahasan, uraian dan contoh-contoh di atas,  sanggup kita lihat bahwa sebuah tema seharusnya memang menjadi tema-tema yang lebih khusus. ternyata aneka macam hal yang bisa dijadikan tema untuk dikembangkan dalam aktivitas pembelajaran PAUD.


B. Keluasan Tema

Sebuah tema sanggup dikembangkan menjadi sub tema yang bermacam-macam tergantung bagaimana pendidik bisa menyebarkan tema untuk menunjukkan pengalaman berguru pada anak. Pendidik bebas memilih pokok bahasan pada setiap tema seluas-luasnya.


C. Berapa usang waktu yang dibutuhkan

Tema bisa dilaksanakan sesuai kebutuhan anak. artinya sebuah tema bisa dilaksanakan dalam waktu usang atau singkat. ada kalanya suatu tema membutuhkan waktu 2 ahad atau bahkan lebih. Seperti halnya tema dan sub tema di atas, tema lingkunganku tidak harus dilaksanakan dalam 4 ahad tergandung bagaimana pendidik menyebarkan sub tema dari tema tersebut. Jika tema lingkungan tersebut dikembangkan akan menghasilkan sub tema yang bermacam-macam menyerupai lingkungan sosial, lingkungan alam, dan lain sebagainya. 

Demikian semoga bermanfaat. Terimakasih

Sumber https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/

0 Response to "Pengembangan Tema Dan Sub Tema Pada Kurikulum Paud"

Post a Comment

wdcfawqafwef