Bercakap-cakap untuk anak Usia Dini khususnya anak yang kita didik di Lembaga-lembaga PAUD, ternyata sangat penting dilakukan. Hal ini sejalan dengan dengan pandangan Fetjhof Schouon, Seorang filsuf yang menyampaikan bahwa salah satu kecerdasan khas manusiawi ialah kemampuan insan bercakap-cakap dalam bentuk bahasa. Kemampuan insan dalam bercakap-cakap dalam bentuk bahasa. Tetentunya terjadi interaksi antara 2 orang atau lebih yang saling menanggapi dan terjadilah proses tanya-jawab (Suharsono, 2003 : 219).
Metode bercakap-cakap merupakan interaksi yang terjadi antara guru dengan anak didik, atau antara anak dengan anak bersifat menyenangkan berupa obrolan yang tidak kaku. Topik percakapan sanggup bebas ataupun ditentukan.Dra. Moeslikhatoen R. MPd (1999 : 92) menuliskan bahwa bercakap-cakap sanggup berarti komunikasi ekspresi antara anak dan guru atau antara anak dengan anak melalui aktivitas monolog dan dialog.
Hilderbrand, (1986 : 297) mengungkapkan bercakap-cakap berarti saling mengomunikasikan pikiran dan perasaan secara verbal atau mewujudkan kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif.
Moeslihatoen menyampaikan “bercakap-cakap merupakan salah satu bentuk komunikasi antarpribadi. Berkomunikasi merupakan proses dua arah. Untuk terjadinya komunikasi dalam percakapan diharapkan keterampilan mendengar dan keterampilan berbicara. Untuk bercakap-cakap secara efektif, mencar ilmu mendengarkan dan mencar ilmu berbicara sama penting. Sebagai pendengar dalam berkomunikasi antarpribadi sedikitnya ada tiga hal yang harus dilakukan (Hetherington & Park, 1979 : 296).
Berdasarkan hal-hal di atas sanggup kita tarik kesimpulan; metode bercakap-cakap ialah suatu cara penyampaian materi pengembangan bahasa yang dilaksanakan melalui bercakap-cakap dalam bentuk tanya-jawab antara anak dengan guru atau anak dengan anak, yang dikomunikasikan secara ekspresi dan merupakan salah satu bentuk komunikasi antar peribadi, dimana satu dengan lainnya saling mengkomunikasikan pikiran dan perasaan secara verbal atau kemampuan mewujudkan bahasa yang reseptif dan ekspresif dalam suatu obrolan yang terjadi dalam suatu situasi.
Apakah manfaat Metode Bercakap-cakap untuk anak TK/PAUD?
Adapun manfaat dan pentingnya metode bercakap-cakap untuk anak usia dini di lembaga-lembaga TK/PAUD ini antara lain:
- Meningkatkan keberanian anak untuk mengaktualisasikan diri
- Meningkatkan keberanian anak untuk menyatakan secara ekspresi apa yang harus dilakukan.
- Meningkatkan keberanian anak untuk mengadakan kekerabatan dengan anak lain.
- Semakin meningkatkan kemampuan anak membangun jati dirinya
- Dengan aktivitas bercakap-cakap semakin banyak warta gres yang diperoleh anak yang bersumber dari guru atau anak lain.
Demikianlah bunda perihal pentingnya aktivitas atau metode becakap-cakap untuk bawah umur kita di TK/PAUD, Semoga bermanfaat. Terimakasih. Wassalam...
Sumber: Dari Berbagai sumber !!
0 Response to "Pentingnya Acara Bercakap-Cakap Untuk Anak Tk/Paud"
Post a Comment